Ssst! Ini Dia 4 Manfaat Pete Yang Belum Banyak Orang Tau

  • Share

NGONOO.com – Bro n sest tau pete dong, itu lho makanan yang punya rasa dan aroma yang khas. Yaa sebelas dua belas lah sama jengkol, hehe. Pete sendiri bentuknya lebih kecil dari jengkol, memiliki rasa khas yang sedikit gurih dan bertekstur renyah.

Seperti halnya jengkol, pete pun dianggap makanan yang kurang populer karena dianggap memiliki bau yang tidak sedap. Tapi jangan salah gaes, tanaman yang memiliki nama latin Parkia speciosa ini rupanya disukai banyak orang. Pete pun bisa dinikmati dengan berbagai cara, dimakan mentah sebagai lalapan bersama sambel, dibakar, maupun sebagai campuran sambal goreng, wiih syedeep deh pokonya. 

Nah, dibalik kelezatan dan kontroversi yang ditimbulkan karena baunya, pete ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut healthbenefitstimes.com yang dikutip oleh Vemale, berikut ini beberapa manfaat pete untuk kesehatan yang belum banya orang sadari dan ketahui.

shutterstock_219370327pete via Shutterstock

1. Meningkatkan Kecerdasan

Sebuah study di Twickenham telah membuktikan bahwa siswa yang makan petai saat pagi hari akan lebih mudah menerima pelajaran di sekolah saat siang hari. Kalium yang terkandung di dalam pete dikatakan mampu meningkatkan kecerdasan dan fungsi otak.

2. Mengatasi Lelah

Kandungan nutrisi dan vitamin pada pete juga dipercaya mampu meredam lelah dan mengatasi kecapekan. Jika bro n sest ngerasa lelah dan capek karena seharian beraktifitas, ga ada salahnya untuk mencoba makan pete. Selain mengatasi  lelah, petai juga sangat dipercaya menyembuhkan depresi dan stress.

3. Mencegah Anemia

Pete ternyata juga mengandung zat besi yang tinggi, pete dikatakan mampu meningkatkan hemoglobin dalam darah hingga mencegah anemia pada diri seseorang. Jadi, kalo kamu lagi mengalami gejala kurang darah, bisa juga tuh makan pete setidaknya 5 biji dalam sehari.

4. Menjadikan Awet Muda

Ga cuma 3 manfaat di atas, di dalam pete juga terdapat protein yang bisa bantu meregenerasi kulit. Karena hal inilah, pete dipercaya juga bisa membantu bro n sest untuk memiliki kulit yang segar serta lebih mulus dari sebelumnya sehingga keliatan awet muda. Bahkan, beberapa study menyebutkan bahwa pete sangat berfungsi bantu wanita menjaga kecantikan kulit dan wajah secara alami.

shutterstock_159830993gosok gigi via Shutterstock

Nah, selain manfaat-manfaat yang udah disebutin di atas pete juga dipercaya bisa menambah nafsu makan, meminimalisir efek buruk risiko merokok, menenangkan saraf dan mengatasi sembelit juga lho gaes. Banyak banget kan manfaat baiknya, jadi jangan ragu dan gengsi lagi gaes buat nyobain pete. Kalo masalah bau mulut, kan bisa diatasi tuh dengan cara sikat gigi maupun dengan obat kumur, ya kaan 😀

ssst via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.