Biar Peringatan Hari Bumi Lebih Berarti, Yuk Contoh yang Dilakuin Pria Ini

  • Share

NGONOO.com – Bro n sest udah pada tau belum kalo hari ini, tepatnya tanggal 22 April merupakan peringatan hari bumi sedunia? Pasti udah tau dong ya. Nah sebagai warga bumi yang baik, hal apa sih yang bro n sest udah lakuin untuk menjaga bumi itu sendiri? Pastinya ga cuman bikin status #SelamatHariBumi gitu doang kan ya gaes 🙂

Sebenernya, untuk menjaga bumi kita agar tetap nyaman dan aman untuk ditinggali itu caranya gampang banget gaes. Ga perlu muluk-muluk dan melibatkan banyak orang, cukup dengan memulainya dari diri sendiri. Kita bisa melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan, menanam tanaman hijau disekitar rumah, dan meminimalisir penggunaan bahan-bahan yang ga ramah lingkungan. Yakin deh gaes, kalo kita melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut, bisa membawa pengaruh baik bagi orang-orang di sekitar kita.

membersihkan sungai1
image via boredpanda

Seperti yang dilakukan oleh seorang pria asal Belanda yang satu ini. Pria bernama Tommy Kleyn berhasil menjadi contoh dan memberikan kontribusi yang baik bagi ligkungannya dengan cara yang sangat mudah.

cinta lingkungan3image via boredpanda

Setiap berangkat kerja ia selalu bersepeda melewati sebuah jalan di tepi sungai. Bagi Kleyn jalan tersebut merupakan rute yang menyenangkan, kecuali satu hal yang sangat mengganggu, yaitu sampah-sampah yang bertebaran di pinggiran sungai. Ia pun kemudian berinisiatif untuk membersihkan sampah-sampah plastik yang bertebaran di pinggiran sungai tersebut.

Kleyn meluangkan waktu setiap harinya untuk memunguti sampah. Ia memerlukan waktu setengah jam untuk memenuhi satu plastik besar kantung sampah. Selama enam hari membersihkan sampah, ia berhasil mengumpulkan sebanyak 22 kantung plastik besar berisi sampah. Tempat tersebut pun menjadi lebih bersih dan indah dari sebelumnya.

cinta lingkungan 1image via boredpanda

Dan karena sudah bersih, di pinggir sungai tersebut pun digunakan oleh bebek liar untuk membangun sarangnya. Itu artinya apa yang dilakukannya tidak hanya berarti bagi dirinya sendiri, tapi juga bagi lingkungan, dan makhluk hidup lainnya. Selamat Hari Bumi 🙂

cinta lingkunganimage via boredpanda

mungut sampah via Shutterstock

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.