7 Animator Asal Indonesia Yang Kini Mendunia

  • Share

NGONOO.com – Pekerjaan sebagai seorang animator memang belum begitu populer di Indonesia. Dari sekian banyak animator di Dunia, Indonesia memiliki beberapa perwakilan yang kini ikut bergabung dalam pembuatan film kelas atas. Siapa saja mereka, Ini dia 7 Animator Asal Indonesia Yang Kini Mendunia :

1. Andre Surya

Andre Surya via selasar.com
Andre Surya via selasar.com

Pria kelahiran 1 Oktober 1984 di Jakarta ini adalah satu-satunya Digital artist asal Indonesia yang terlibat dalam Film Transformer, Iron Man, Star Trek dan Terminator. Andre Surya berperan sebagai pembuat nuansa tiga dimensi lighting agar film yang diproduksinya terlihat menarik dan menyatu dengan background aslinya.

2. Griselda Sastrawinata

Griselda Sastrawinata via animationxpress.com
Griselda Sastrawinata via animationxpress.com

Griselda Sastrawinata adalah salah satu dari lima perempuan yang bekerja sebagai seniwati di Dreamworks. Wanita yang berada di balik kesuksesan film “Sherk” ini memiliki hobi menggambar yang ditekuninya sejak ia masih kecil. Dan akhirnya kini Ia sudah menjadi pengajar di salah satu sekolah di Amerika yaitu Art Center College Of Design, Pasadena California.

3. Christiawan Lie

Christiawan Lie via wiqcare.blogspot.com
Christiawan Lie via wiqcare.blogspot.com

Amerika, Jepang dan Korea adalah negara yang paling menonjol dalam pembuatan komik berkualitas. Indonesia kini juga memiliki seorang pembuat komik yaitu Christiawan Lie. Ia adalah seorang Ilustrator komik Transformer dan Gie Joe. Ia juga mengerjakan proyek besar seperti Star Wars dan Lord Of The Ring.

4. Wira Winata

Wira Winata via dikotak.com
Wira Winata via dikotak.com

Wira Winata, pria lulusan Nanyang Polyteknik Singapore dan Art Centre Collage of Design Passadena Amerika ini berhasil menyelesaikan film animasinya yang berjudul ‘The Little Red Plane’ sebagai final project kelulusan di Art Centre.

Kini ia telah mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama Shadedbox yang bekerja sama dengan perusahaan besar lainnya seperti Cartoon Network, The Gotham Group, Buena Vista Games, Sony Computer Entertainment of America, Microsoft, Midway Games, dan Landor.

5. Rini Sugianto

Rini Sugianto via dikotak.com
Rini Sugianto via dikotak.com

Rini Sugianto Terlibat dalam pembuatan film Hobbit 2 – The Desolation Of Smaug. Ia juga turut berperan penting dalam pembuatan film Tintin, di film itu ada sekita 70 shot yang ia kerjakan.

6. Michael Reynold Tagore

Michael Reynold Tagore via selasar.com
Michael Reynold Tagore via selasar.com

Karakter tokoh dalam film animasi seperti The Hobbit, Iron Man dan The Avengers sangat populer di Indonesia. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa karakter tenar itu justru dibuat pemuda asal Surabaya, yaitu Michael Reynold Tagore.

Meskipun memiliki prestasi yang mendunia, Reynold memiliki hidup yang sederhana. Namun, di balik itu semua, jebolan pascasarjana University Technology of Sidney Jurusan Desain Grafis ini menyimpan sejumlah kreativitas dalam hal mendesain. Adik kandung Eduard Rudy ini mengungkapkan, untuk membuat animasi perlu keseriusan. Perjuangan yang dilakukan juga tidak semudah membalik telapak tangan.

7. Ronny Gani

Ronny Gani via blog.neotelemetri.com
Ronny Gani via blog.neotelemetri.com

Salah satu film Hollywood yang paling dinanti di Amerika kali ini adalah Transformers: Age of Extinction garapan sutradara kenamaan, Michael Bay. Film ini juga melibatkan animator muda Indonesia, Ronny Gani.

Setelah jadi tim sukses dalam penggarapan film Hollywood, The Avengers dan Pacific Rim, animator Indonesia, Ronny Gani saat ini sibuk dengan berbagai kelas dan seminar yang ditujukan untuk mengajarkan bidang animasi di tanah air.

 

Gambar: Cewek Main Komputer via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.