WOW, Ternyata Ada Telur Asin Rasa Soto

  • Share

Umumnya pasti yang kekinian adalah telur asin bakar, telur asin asap, telur asin panggang yang mangsir kalau istilah kesempurnaan rasa di dunia pertelur asinan. Agak sedikit asing ketika mendengar Telur Asin Rasa Soto, Ya ternyata produk ini benar benar ada. Telur Asin Rasa Soto ini menjadi salah satu oleh oleh baru khas Kulon Progo. Telur Asin Rasa Soto ini digagas oleh sebagian mantan TKI yang ada di desa Temon, Kulon Progo. Ide yang mereka dapat setelah mendapatkan resep resep makanan dari Internet. Setelah mencoba dan ternyata permintaan pasar banyak mereka mulai memproduksi secara masal dan menjadikannya sebagai usaha bersama dan bisa menjadi salah satu oleh oleh khas Kulon Progo.

 

Walau yang kita ketahui di Jawa Tengah, daerah Brebes dikenal sebagai penghasil utama telur asin. Industri telur asin di Brebes cukup meluas hingga tersedia berbagai pilihan kualitas telur asin. Masing-masing produsen memiliki cap sendiri-sendiri yang biasanya dapat dilihat pada kulit telur. Walaupun selera orang berbeda-beda, telur asin yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna jingga terang hingga kemerahan, “kering” (jika digigit tidak mengeluarkan cairan), tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin tidak menyengat.

Panganan ini bersifat praktis dan dapat dipadukan dengan berbagai masakan misalnya nasi jamblang, dan nasi lengko, bahkan dapat pula dimakan tanpa nasi. Nelayan yang melaut atau orang yang bepergian untuk waktu lama biasa membawa telur asin untuk bekal selain abon. ( Wikipedia )

Telur Asin Rasa Soto ini juga melibatkan bumbu bumbu soto seperti daun jeruk, kayu manis, cengkeh dan serai disangrai yang dicampur degan batu bata dan garam untuk selanjutnya dibalurkan ke telur asin. Namun sayang permintaan pasar yang mulai banyak tidak diimbangi dengan ketersediaan bahan baku tekur. Kita tunggu saja Telur Asin berbagai rasa, tidak memungkinkan ada Tekur Asin Rasa Rendang, Mie Ayam, Bakso, Pizza, Rica rica atau bahkan rasa kopi :mrgreen: . Moga makin sukses untuk indrustri baru di Kulon Progo ini

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.