5 Bahan Makanan Pereda Stres

  • Share

NGONOO.com – Setiap orang pasti pernah mengalami stres ya gaes, entah stres karena kerjaan, akademik, percintaan, maupun permasalahan kehidupan. Cara mengatasi stres pun banyak macamnya, seperti dengan tidur, pergi ke suatu tempat yang tenang, makan, olahraga, dan lain-lain tergantung pada pribadi masing-masing orang.

Namun cara meredam stres yang sering dianggap paling mudah dilakukan dan pastinya enak adalah dengan makan. Iya kan? Iya dong? Pasti bro n sest sering juga tu meredakan stres dengan cara makan.

Dari berbagai jenis makanan yang ada, ternyata ada beberapa makanan yang benar-benar memiliki zat-zat yang dipercaya mampu meredam stres lho gaes. Apa aja makanan-makanan tersebut? Yuk langsung deh kita bahas satu persatu 🙂

shutterstock_71232085coklat via Shutterstock

1. Kacang Mede
Pada kacang mede terdapat kandungan magnesium dan tryptophan yang bisa menenangkan kondisi saat stres. Selain itu kacang mede juga juga dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan zinc tubuh kita gaes. Zinc merupakan mineral untuk memperkuat sistem imun disaat stres.

2. Dark Chocolate
Coklat yang menjadi favorit banyak orang ternyata bisa merangsang otak untuk merilis hormon endorfin yang bisa membawa good feeling pada diri kita. Selain itu, coklat juga bisa menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi coklat 70 persen dapat meningkatkan antioksidan dan menambah level endorfin serta serotonin di tubuh kita. Jadi itulah alasan kenapa orang yang stres disarankan untuk mengkonsumsi coklat.

3. Green Tea
Green Tea disebut berfungsi untuk meredakan stres dan tingkat kecemasan. Green tea juga mengandung theanine yang dapat mendorong relaksasi.

4. Biskuit Gandum Murni

Biskuit gandum murni yang kaya akan karbohidrat kompleks dapat membantu menstabilkan level gula darah. Menjaga kestabilan gula darah itu penting bagi kondisi emosional seseorang. Kadar gula darah bisa meningkatkan atau mengurangi level energi yang berdampak langsung pada mood seseorang.

5. Beras Merah

Beras merah memang dikenal baik untuk kesehatan. Karbohidrat kompleks yang terkandung di dalamnya membuat level serotonin dalam tubuh meningkat. Serotonin sendiri adalah hormon yang bertanggung jawab untuk menjaga kondisi kita untuk tetap tenang.

Nah, itu tadi beberapa bahan-bahan makanan yang dipercaya mampu meredakan stres yang melanda. Bisa juga ni dicoba buat adek-adek SMP SMA yang lagi stres menghadapi Ujian Nasional, biar pas ngerjain soal ujiannya bisa tenang dan lancaar 😀

 

Stres via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.