Ternyata Samsung Pernah Membuat Smartwatch Pada Tahun 1998

  • Share
Logo Samsung
Logo Samsung

NGONOO.com – Belakangan ini smartwatch alias jam tangan pintar memang sedang menjadi trend tersendiri. Melihat fenomena tersebut, berbagai produsen lantas berlomba-lomba menciptakan smartwatch andalannya masing-masing, seperti misalnya Motorola dengan Moto360 dan Asus dengan ZenWatch 2.

Tapi tahukah kalian jika Samsung ternyata sudah pernah membuat smartwatch. Tepatnya pada tahun 1998 lalu Samsung memperkenalkan sebuah gadget bernama SPH-WP10. Gadget ini lebih pas jika disebut sebagai watchphone dan bisa dipakai di pergelangan tangan.

Samsung SPH-WP10
Samsung SPH-WP10

Jika diperhatikan lebih lanjut, desain Samsung SPH-WP10 di atas memang terlihat keren, setidaknya pada saat itu. Kemungkinan besar desain tersebut terinspirasi dari film-film fiksi ilmiah semacam Star Trek dan film-film sejenisnya.

Samsung SPH-WP10 mengusung layar LCD monochrome dan tersedia pula berbagai tombol fisik untuk mengakses menu. Selain itu, gadget ini juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon melalui perintah suara, bahkan waktu telepon mencapai 90 menit atau sampai baterainya habis. Tidak hanya itu saja, gadget ini juga bisa digunakan untuk menulis pesan teks, hanya saja saat dipakai untuk menulis terasa sangat susah karena dimensinya sangat kecil.

Samsung SPH-WP10 bisa dibilang sebagai wireless terminal paling kecil dan paling ringan di jamannya. Bobot gadget ini sekitar 50 gram dan ketebalannya sekitar 2 centimeter.

Sayangnya gadget ini tidak menuai kesuksesan di pasaran, mungkin hal itu dikarenakan oleh bentuknya yang terlalu revolusioner pada jamannya dan ukurannya yang tergolong cukup besar.

Gambar: Logo Samsung via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.