Di Tempat Ini Kamu Bisa Minum Air Langsung Dari Selokan

  • Share

NGONOO.com – Mendengar kata selokan, kira-kira apa yang terlintas di pikiran bro n sest? Bauk? Sampah? Airnya kotor? Banjir? Jorok? Sebagian besar pasti akan memikirkan hal yang sama kalo ditanya tentang selokan. Ya karena emang rata-rata selokan di Indonesia kondisinya sangat memprihatinkan, airnya kotor dan baunya pun ga sedap. Lewat selokan aja kadang males apalagi bersentuhan dengan selokan ya gaes, hiiii pasti jijay.

Tapi apa jadinya ya kalo di suatu daerah para penduduknya justru memanfaatkan air selokan untuk keperluan hari-hari. Hah? Ga jorok tuh? Tenang gaes, tenaang selokan yang satu ini berbeda dari selokan-selokan pada umumnya di Indonesia.

Jadi gini gaes, salah satu kota yang terletak di Prefektur Gifu, Gujo Hachiman, Jepang, memiliki sebuah sistem perairan air bersih yang mengalir di setiap rumah. Saking bersihnya, para penduduk Gujo menggunakan air bersih tersebut untuk keperluan sehari-hari, seperti mencuci beras, sayuran dan baju.

gofu jepangGujo Hachiman, Jepang

Walaupun digunakan setiap harinya untuk mencuci, air di sana tidak akan kotor dan selalu dijaga kualitasnya. Malahan, para penduduk bisa langsung meminum air segar tersebut langsung dari selokan dan keran yang berada di kota ini.

Wiih, keren ya gaes. Kebersihan air di Gujo ini ga muncul begitu saja, namun juga berkat dari kesadaran penduduk Gujo sendiri. Bahkan, para penduduk wajib mengikuti tata cara yang sudah ditentukan agar air tetap bersih dan murni.

gujo jeGujo Hachiman, Jepang

Sejak abad ke-17, penduduk kota Gujo memang telah rajin menjalankan sistem perairan yang bersih, hal ini berdampak pada kualitas makanan dan minuman yang dihasilkan memiliki rasa yang lezat.

gambar selokan via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.