Ini Lho Penyebab Kenapa Kita Merasa Sering Lapar

NGONOO.com – Setiap manusia pasti pernah dong ngrasain yang namanya lapar. Lapar muncul karena adanya hasrat untuk makan. Karena rasa lapar sendiri adalah respon tubuh ketika tubuh memerlukan energi baru untuk beraktifitas dan untuk perkembangan tubuh yang bisa terpenuhi dengan cara makan. Biasanya rasa lapar mulai terasa ketika memang jamnya makan, paling tidak tiga kali sehari, yaitu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

Tapi ga jarang rasa lapar sering muncul justru di luar jam-jam makan. Bagi para sest-sest kece yang lagi menjaga berat badan, hal tersebut tentunya bikin dilema ya. Kadang walaupun udah makan, eh ga berapa lama kemudian rasa laper udah muncul lagi.

shutterstock_179733878mbak-mbak laper via Shutterstock

Hal tersebut mungkin membuat kita bertanya-tanya, apa sih yang menyebabkan rasa lapar itu sering muncul. Nah ternyata memang ada beberapa hal yang mungkin tidak kita sadari dapat menyebabkan rasa lapar tersebut sering muncul. Mau tau apa aja? Langsung deh simak penyebab-penyebab seringnya muncul rasa lapar berikut ini.

1. Makan terlalu cepat

Penyebab pertama sering merasa lapar ternyata adalah karena makan terlalu cepat. Hormon dalam tubuh tidak akan bisa bekerja saat kita makan terlalu cepat. Ini yang membuat bro n sest ga pernah merasa kenyang walaupun udah makan. Penelitian telah membuktikan, semakin lama kita mengunyah makanan maka akan merasa kenyang lebih lama.

2. Kurang tidur

Kebanyakan begadang alias kurang tidur dan beristirahat ternyata juga bisa jadi penyebab gampang merasa lapar lho. Karena kurang beristirahat, tubuh akan susah menghasilkan hormon yang merangsang rasa kenyang.

3. Tidak sarapan

Tidak sarapan juga jadi salah satu penyebab mengapa kita sering merasa lapar. Nah, kalo ga pengen gampang laper mulai sekarang biasakan diri untuk sarapan, selain baik buat tubuh jadi bikin ga gampang laper juga kan. Jangan lupa sarapan ya gaes :*

4. Stres

Nah stres juga jadi salah satu penyebab gampang lapar. Saat stres kita akan merasa mudah lapar dan ingin memakan semua makanan.

5. Dehidrasi

Dehidrasi atau kurang minum ternyata juga bisa membuat seseorang gampang merasa lapar. Maka dari itu cukupkan asupan air putih dalam tubuh minimal 8 gelas sehari.

6. Mengunyah permen karet

Secara ga sadar mengunyah permen karet ternyata juga merangsang rasa lapar. Saat mengunyah permen karet, ludah akan tertelan dalam perut. Ini akan mempengaruhi perut yang memproses makanan. Hal itulah yang akan membuat kita merasa mudah lapar saat mengunyah permen karet.

gambar mbak-mbak pengen makan via Shutterstock

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.