Sony Music ‘Hilangkan’ Karya Musisinya dari SoundCloud

  • Share

NGONOO.com – Baru-baru ini perusahaan label rekaman Sony Music dikabarkan telah menghapus sejumlah karya musisinya dari situs streaming musik SoundCloud. Beberapa karya musisi di bawah label rekaman Sony yang dihapus dari SoundCloud antara lain milik Adele, Hozier, Miguel, Kelly Clarkson, Passion Pit, Leon Brigades dan MS MR.

Hal tersebut dilakukan oleh pihak Sony Music karena kerjasama di antara mereka tidak mencapai kata sepakat. Masing-masing perwakilan Sony dan SoundCloud belum merilis pernyataan resmi mengenai hal tersebut. Namun salah satu sumber yang dikutip Billboard mengatakan, jalinan kerja sama dengan layanan SoundCloud dinilai kurang menguntungkan bagi pihak Sony.

shutterstock_1678791Sony Music via Ivan Cholakov / Shutterstock.com

Selama ini Soundcloud dikenal sebagai situs streaming musik yang telah membantu banyak musisi baru untuk berkembang dan menunjukkan karyanya. Bahkan tak jarang label-label besar menemukan musisi baru melalui Soundcloud. Lorde dan Bridges contohnya, mereka ditemukan pihak Sony lewat Soundcloud.

Selain sebagai media bagi musisi baru untuk menunjukkan karyanya, Soundcloud juga sering digunakan oleh musisi papan atas seperti seperti Beyonce hingga Drake sebagai media promo karyanya.

Walaupun telah dianggap membantu perkembangan musisi baru maupun musisi kelas atas, tapi SoundCloud belum berencana untuk membayar sepeser pun royalti kepada perusahaan label rekaman dan publisis musik. Oleh karena itu, banyak yang masih meragukan keuntungan finansial dengan memajang karya di SoundCloud. Hingga saat ini, baru perusahaan Warner Music yang diketahui sudah sepakat bekerja sama dengan SoundCloud.

gambar Soundcloud via Gil C / Shutterstock.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.