[Review] Game Moba Heroes Of The Storm, Yay Atau Nay?

  • Share

NGONOO.com – Blizzard mungkin satu-satunya developer yang tidak banyak game yang dirilis tapi rajin menjadikan playernya sebagai ladang uang dengan ide-idenya, dari WoW, Diablo, Starcraft yang rajin banget update. Nah Melalui maniak game tersebut   Blizzard berharap dengan rilisnya game Heroes Of The Storm ini selain bisa menyita perhatian maniak MOBA yang sudah berkiblat ke Dota dan LoL, bisa mengajak maniak 3 game tersebut ke HoTS. Seperti apa sih gamenya? kami akan review tanpa bersikap sebagai fans MOBA yang sudah duluan rilis kok. #eh

Game yang bisa dimainkan dengan akun Battle.net ini sepertinya mengajak fans 3 game tersebut ke satu universe yaitu Blizzard Universe. Kebayangkan karakter Dota yang full spell melawan karakter Starcraft yang futuristik? nah kalian bisa bersenang-senang dengan itu semua disini.

gambar via us.battle.net
gambar via us.battle.net

Variasi ini mungkin bisa mengatasi kebosanan player nubi di moba yang karakternya itu-itu aja,  mungkin yang bikin seru karena baik skill, dan tampilan mereka tetap original. Jadi player bisa menggabungkan karakter2 dari 3 game tersebut untuk meraih kemenangan. Walau dibilang beda, tetap saja konsep Moba 5 vs 5 masih berlaku disini ( kami tidak akan menjelaskan detil moba disini karena bakal panjang banget :p ).  Terus bedanya apa? di HoTS, kalian gak akan dpt sangu uang dan build item! jadi karakter kalian akan berkembang sesuai perannya. Sering kan kita yang suka maen game MOBA gedeg sama polah player nubi  yang suka berubah peran dari support sok-sok an carry karena build item yang akhirnya menhancurkan team sendiri? nah di HoTS hal seperti itu diminimalisir. Fountain pun cuma sekedar tempat buat heal doang.

Terus serunya dimana? serunya itu semua skill udah bisa dipakai dari awal ( kecuali skill ultimate, ada tiap hero ada 2 jenis ultimate dan sementara skill ini baru bisa diakses saat level 10 keatas ), jadi kalian bisa war tanpa henti dari menit pertama dimulai. kalau di Moba lain kan kalian naik level bisa memilih sendiri skill yang mau aktif duluan yang mana, nah di HoTS ga perlu pusing mikir itu. Enaknya lagi, setiap experience points yang berhasil kalian dapatkan dari creep atau Hero lawan yang Anda akan bunuh akan masuk ke dalam pool bersama, dan bukan individu. Benar sekali, semua hero dalam satu tim akan berbagi experience dan level yang sama. Ini ada kelemahannya sih, kalau ketemu player yang pemalas dan ogah war cuma pengen nebeng ngebunuh hero yang repot :)))

Tanpa item dan uang, plus sistem experience points yang dibagi bersama, lantas untuk apa proses “farming”? Berbeda dengan game MOBA kebanyakan, Heroes of the Storm memang didesain untuk mendorong Anda bertarung 5 vs 5 sejak awal permainan dan bukannya menghabiskan waktu untuk farming item dan experience points. Farming bukanlah inti MOBA yang satu ini. Walaupun demikian, hal ini tidak lantas menihilkan pentingnya proses farming, namun hanya akan berlaku untuk hero-hero tertentu. Sebagai contoh  1 Hero akan mendapatkan 1 damage permanen dari setiap 6 creep yang berhasil ia bunuh. Membiarkan ia farming creep dengan cepat akan membuat perannya sebagai seorang damager akan lebih efektif di akhir pertempuran.

Di game ini meskipun ga ada farming atau bla bla bla, ada satu yang membedakan berkat fitur bernama talent, setiap talent point akan berhubungan dengan karakter anda misal regen atau level skill dll. Jadi katakanlah 2 hero sama. gaya permainannya gak akan sama. Bisa jadi karakter A jadi support, satunya lagi jadi initiator. Dan Neutral Creep gak lagi jadi ladang gold namun jadi area perekrutan, karena tiap dikalahkan bakal jadi bagian dari tim kalian.

Kalau di Moba lain, tower itu hal yang menyakitkan saat level awal. Gak perlu takut, tower di HoTS pelurunya terbatas dan perlu waktu buat reload. jadi kalian bisa nungu peluru habis baru serang. Dan yang lucu lagi, heronya dapat tunggangan dong, meski tunggangannya hilang saat heromu nyerang.

 

Sistem levelnya juga agak lucu, ada 3 macam meliputi level bersama ( exp yang dibagi adil ) , level karakter ( misal kamu sering menggunakan Stiches maka semakin tinggi pula level yang ia miliki, semakin besar pula hal yang bisa kalian lakukan dengannya misal: akses skill ultimate kedua hingga alternatif Talents yang lebih baik ), dan level user ( yang untuk setiap kenaikan levelnya  akan memberikan reward tertentu dan akses fitur lebih dalam )

 

Udah sotoy dan bilang ah sama aja kek moba lain? disini ada multiple maps dengan masing masing misi seperti di WoW.  Sayangnya meski konsepnya free to play, Blizzard bukan yayasan sosial jadi beberapa karakternya kudu beli meski kalian bisa memainkan secara gratis namun heronya acak. Kecuali kalian sudah jatuh cinta sama satu hero saja maka dengan membeli kalian bisa memainkanny kapan saja. Hm, agak mirip LoL sih daripada dota yang hero gratis tapi item kosmetiknya bayar. cara membelinya pun ada 2 macam. Buat tipikal player pay to win bisa membeli secara langsung, kalau yang play to win ya kudu sering-sering menang gamenya biar dapat gold yang nantinya buat membeli karakter heronya. Meski begitu, Blizzard gak kekurangan ide untuk menjadikan player ladang duit dengan menyediakan alternatif set dan mount yang keren2. Langsung tipis aja itu dompet kalau maniak HoTS.

Dibalik konsep baru yang ditawarkan tersebut meski grafiknya sangar tapi agak berlebihan. Kilatan dan bla bla bla too much menurut kami, malah bikin gak konsen maen. Tapi so far, game ini layak untuk dimainkan sebagai alternatif Dota dan LoL. Tertarik? bisa langsung download dan daftar akun battle.net di http://us.battle.net/heroes/

 

 

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.