Setelah 75 Tahun Kuliah, Pria Ini Akhirnya Lulus Juga

  • Share

NGONOO.com – Rata-rata mahasiswa akan lulus kuliah dalam waktu 4 sampai 7 tahun. Tapi ga jarang juga yang baru lulus lebih dari waktu tersebut. Nah biasanya para mahasiswa yang telat lulus itu akan mendapatkan sebuah julukan ‘mahasiswa abadi’.

Tapi sepertinya sebutan mahasiswa abadi tersebut akan lebih pantas disematkan kepada pria bernama Anthony Brutto berikut ini. Hmmm, kenapa ya kira-kira? Yuk cari tau 🙂

Jadi gini gaes, pria bernama Anthony Brutto tadi dianggap pantas menerima sebutan mahasiswa abadi karena dirinya butuh 75 tahun sampai dia bisa lulus kuliah. Wow, lama banget ya gaes 😮 kira-kira udah ganti berapa rektor aja tuh kampusnya.

Brutto yang saat ini usianya menginjak 94 tahun akan menjadi lulusan tertua dalam wisuda yang akan diikuti 4.500 mahasiswa di West Virginia University, WVU, Amerika Serikat, yang akan diselenggarakan 17 Mei mendatang.

Anthony Brutto pertama kali masuk kuliah di kampus tersebut pada tahun 1939. Namun kuliahnya beberapa kali terhambat karena beberapa hal. Tahun 1942, kuliahnya harus tertunda karena dia mengikuti wajib militer dalam Perang Dunia II. Saat itu, dia bertugas membuat pesawat tempur. Setelah perang berakhir, istrinya sakit. Brutto terpaksa kembali menunda kuliahnya karena harus merawat istri tercinta.

Ia pun malah mendapat pekerjaan di salah satu produsen pesawat, yaitu Thompson Products di Cleveland tahun 1955. Kuliahnya semakin terbengkalai, Brutto mulai asyik menggeluti kariernya sebagai mekanik di perusahaan pembuat jet tempur dan rudal balistik antar-benua itu. Dia beberapa kali pindah perusahaan sebelum pensiun pada pertengahan 1980-an. Brutto pun sepertinya sudah melupakan urusan kampus.

Setelah pensiun, Brutto mengisi masa tuanya dengan membuat pahatan binatang dari kayu. Saat itulah dia baru mulai terpikir untuk melanjutkan kuliahnya yang selama ini tertunda. Akhirnya dia memutuskan kembali mendaftar untuk melanjutkan masa studinya di fakultas seni yang berpuluh-puluh tahun tertunda.

Dan akhirnya setelah 75 tahun, bulan ini dia akan memperoleh gelar Sarjana Seni yan. Ditanya apakah dia akan mengambil gelar master, dia tertawa dan sepertinya cukup puas dengan titel sarjana. “Tidak, saya kira saya akan beristirahat dulu,” ujarnya.

Nah bro n sest yang belum juga lulus kuliah, ayoo dong semangat, Jangan ampe kalah sama kakek Anthony Brutto yang masih semangat nyelesein kuliahnya walau udah tertunda berpuluh-puluh tahun 🙂

gambar wisudaan via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.