Wow Minum Kopi pun Kini Bisa Dilakukan di Ruang Angkasa

  • Share

NGONOO.com – Untuk berada dan tinggal di ruang angkasa bukan merupkan hal yang mudah. Para astronot yang bekerja di ruang angkasa emerlukan adaptasi dan penyesuaian yang lebih karena keadaan di sana jelas berbeda dengan keadaan di bumi. Di ruang angkasa sana kan ga ada grafitasi tuh, jadi semua hal yang bisa dengan mudah dilakukan di bumi belum tentu bisa dengan mudah juga dilakukan di ruang angkasa lho. Misalnya aja untuk makan dan minum.

Selama bertugas di ruang angkasa, para astronot memerlukan makanan dan minuman khusus yang biasanya berupa kapsul. Karena makanan dan minuman pada umumnya yang ada di bumi akan berantakan dan bertebaran kemana-mana disebabkan tidak adanya gravitasi yang menahannya.

Tapi belum lama ini Astronaut dari Badan Antariksa Eropa (ESA), Samantha Cristoforetti telah mencatat sejarah baru dalam dalam urusan konsumsi di pesawat ruang angkasa. Cristoforetti menjadi astronot pertama yang minum kopi yang langsung dibuat di Stasiun Ruang Angkasa Internasiomal (ISS). Karena sebelumnya, membuat dan minum kopi di ruang angkasa merupakah hal yang sulit untuk dilakukan.

astronot minum kopiCristoforetti sedang menikmati kopi di ruang angkasa

Belum lama ini di akun Twitternya @AstroSamantha, wanita yang juga mencatatkan dirinya dalam sejarah sebagai perempuan Italia pertama ke ruang angkasa tersebut memamerkan aksinya minum kopi yang dibuatnya di ISS. Dia menuliskan statusnya: “Coffee: the finest organic suspension ever devised. Fresh espresso in the new Zero-G cup! To boldly brew.”

Aksi bersejarah tersebut didukung dengan dikirimnya sebuah mesin espresso ke stasuin ISS. Mesin itu didesain atas kerjasama perusahaan teknologi asal Italia, Agotec, Badan Antariksa Italia (ASI), dan perusahaan kopi asal Italia, Lavazza.

Selain mesin espresso khusus, cangkir yang digunakan pun juga berbeda dengan cangkir kopi pada umumnya. Yang digunakan adalah cangkir Zero-G yang disebut Cristoforetti adalah produk inovatif yang didesain untuk mempelajari bagaimana cairan bereaksi di lingkungan bergravitasi rendah seperti di ISS. Cangkir terhubung dengan semacam koneksi kapiler. Ya cara kerjanya seperti mengalirkan air lewat handuk kertas, sehingga bisa diminum tanpa berantakan ke mana-mana.

Cristoforetti dan lima astronaut lain yang sedang bertugas di ISS terus melaporkan aktivitas dan eksperimen mereka di orbit. Itu semua ditujukan untuk mempelajari tentang sains nutrisi dan kesehatan, sebagai bekal untuk misi ruang angkasa di masa depan. Termasuk aktivitas minum kopi di ISS tersebut. Siapa tau kan nantinya bakal ada coffeeshop di ruang angkasa sana 😀

gambar orang ngopi via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.