ASUS Zenfone Max Pro M2

7 Tata Tertib Mandi Yang Wajib Dilakukan!

Onky | Tip & Trik | 29 May, 2015

NGONOO.com – Tanpa kalian sadari, ternyata mandi itu memiliki tata tertib yang tidak begitu penting, tapi menurut sebagian orang hal ini penting dilakukan, mengapa demikian? Katanya banyak riset yang telah dilakukan berulang-ulang untuk medapatkan tubuh yang sehat setelah mandi. Tapi Sudahlah, bagaimana jika 7 Tata Tertib Mandi Yang Wajib Dilakukan ini kita anggap penting! Mari kita bahas dan telaah bersama!

1. Menyiapkan Peralatan Mandi

Peralatan Mandi

Menyiapkan Peralatan mandi seperti sabun, pasta gigi, sikat gigi, handuk dan lainya merupakan hal yang paling pokok yang harus dilakukan seseorang jika ingin mandi. Jika tidak ada peralatan itu semua maka anda belum siap untuk melakukan mandi.

2. Jangan Joget-joget di Dalam Kamar Mandi

Joget di Kamar Mandi via wowkeren.com

Joget di Kamar Mandi via wowkeren.com

Jangan melakukan hal ini, karena resikonya sangat fatal, yaitu anda bisa terpeleset jatuh karena kondisi lantai yang licin. Alangkah baiknya jika saat mandi anda tenang dan tidak perlu mondar-mandir di dalam kamar mandi, joget kesana-sini. Karena itu belum dibutuhkan, terkecuali bagi anda yang memang memiliki hobi nanyi dangdut dan berjoget, anda harus mendesain kamar mandi sedemikian rupa agar dapat dengan nyaman digunakan.

3. Jangan Keramas Setiap Hari

Keramas via vemale.com

Keramas via vemale.com

Keramas setiap hari berpotensi besar menyebabkan kerusakan rambut seperti rambut kering dan rontok. Perlu dicatat, minyak alami yang tersemat dalam rambut akan lenyap jika Anda keramas setiap hari.

4. Jangan Sering-sering Mandi Menggunakan Air Hangat

Mandi air Hangat via life.viva.co.id

Mandi air Hangat via life.viva.co.id

Hindarilah mandi menggunakan Air Hangat! Mengapa demikian? Air Hangat akan membuat kulit Anda menjadi kering dan kasar. Tak hanya itu, Air Hangat juga dapat membuka pori-pori kulit yang pada akhirnya menyebabkan infeksi hingga jerawat.

5. Jangan Menggosok Rambut Kepala dengan Handuk

Menggosok Rambut via flor.forumid.net

Menggosok Rambut via flor.forumid.net

Jangan pernah mengeringkan atau menggosok rambut menggunakan handuk sehabis keramas! Kata peneliti yang tidak mau disebutkan namanya itu, rambut sangat rentan terhadap kerusakan ketika dalam keadaan basah. Solusi terbaik ialah menepuk rambut Anda dengan lembut dan biarkan dia kering secara alami.

6. Menyisir Rambut Dalam Keadaan Basah

Menyisir Rambut via molto.co.id

Menyisir Rambut via molto.co.id

Sehabis mandi, banyak orang langsung menyisir rambut dalam keadaan rambut yang masih basah. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, berati sama dengan diriku. Sebagaimana dilansir Boldsky, kebiasaan tersebut akan membuat rambut Anda menjadi kering dan rusak. Jadi, jika Anda ingin menyisir, tunggulah hingga rambut Anda benar-benar kering dan sebaiknya menggunakan conditioner!

7. Mencukur sebelum mandi

Mencukur Ketiak via caramemutihkanwajah.org

Mencukur Ketiak via caramemutihkanwajah.org

Mencukur jenggot, kumis, atau bulu yang lain sebelum mandi berpotensi besar menyebabkan kulit jadi luka dan iritasi, apalagi jika pisau cukurnya tidak tajam, ini sangat sakit gaes. Para ahli menyarankan agar Anda bercukur sehabis mandi, mereka berkata, resiko iritasi dan luka akan berkurang karena folikel rambut menjadi longgar setelah mandi.

 

Gambar : Cewek mandi via Shutterstock