ASUS Zenfone Max Pro M2

Mau Bunuh Diri, Cewenya Ga Jadi Lompat Cowonya Pake Parasut. Siapa Yang Berhianat?

Arya Hanya | Media Sosial | 05 May, 2015

NGONOO.com – Percintaan memang hal yang pelik dan menggelitik. Dari zaman Ti Pat Kai sampai Ada Apa dengan Cinta, deritanya tiada pernah berakhir. Tapi kalau sudah sampai bunuh diri, ini syerem kak. Jangan yah, kalau masih jomblo sabar aja. Kalau LDR juga musti sabar, apalagi yang ditinggal nikah. Sabar plus plus. Jangan seperti yang ada di cerita ini.

Broken Heart

Broken Heart

Gambar : Broken Heart Via ShutterStock

Begini ceritanya..

Barusan aja, ngebuka path karena ada seorang teman tag sebuah foto bertuliskan kata-kata. Karena cukup menarik, daku coba searching dengan berbagai rangkain puisi keyword yang kira-kira bisa memunculkan masalah tersebut di Google. Beberapa kali mencoba, akhirnya ketemulah sebuah thread Kaskus ternyata hot thread sampai tulisan ini dibuat.

Ini cerita sesungguhnya dikutip dari mas TS krnkusanggup di Kaskus, yang katanya dapet teka teki ini dari sang atasan.

Sepasang Pria & Wanita memutuskan untuk bunuh diri karena masalah pribadi mereka, dengan cara melompat dari atas gedung tinggi. Saat mereka berdua udah ada di Roof-Top, mereka menghitung sampai 3. Si Pria melompat, sementara si Wanita tidak lompat. Si Wanita melihat pasangannya terjun selama 8 detik sebelum akhirnya ada parasut yang terbuka. Pertanyaanya, siapa mengkhianati siapa?

Jadi menurut bro dan sist, siapa yang berhianat atas kejadian tersebut?

Si wanita, ternyata tidak melompat. Bisa dibilang ini sudah berhianat. Tetapi, ternyata si cowok menggunakan parasut untuk menyelamatkan nyawanya. Artinya sejak awal dia sudah menyediakan parasut.

Salah satu jawaban menarik dari kaskusser agan King.Cai : 

Si cewek melihat 8 detik si cowok terjun sampai kemudian ada parasut terbuka. Itu artinya, jarak yang ditempuh oleh si pria sebelum parasutnya dibuka adalah sbb;

S = Jarak (m)
T = Waktu (second)
G = kecepatan gravitasi (9,8 m/s)

S = 0,5 * G * (T^2)
S = 0.5 * 9.8 * (8^2)
S = 0.5 * 9.8 * 64
S = 313.6 m

Jarak minimum/jarak aman untuk membuka parasut adalah 121 meter, itu artinya supaya si cowok bisa tetep landing dengan aman, si cowok harus loncat dari gedung dengan ketinggian minimal 313.6 + 121 = 434.6 meter.

Di dunia ini, tidak terlalu banyak gedung yang punya tinggi lebih dari 400 meter. Berdasarkan Wikipedia (en.wikipedia.org), maka jumlah bangunan tinggi saat ini yang exist dan cocok untuk aksi tersebut ada 6 bangunan saja.

Gedung

Tapi bukan itu intinya. Yang paling utama adalah, kenyataan bahwa si cowok membuka Parasut setelah 8 detik, itu menandakan di saat2 terakhir, si cowok menyadari jika pasangannya ga ikut terjun, akhirnya dia jadi buka tuh parasut. Dengan asumsi, tidak terlalu banyak gedung yang tinggi untuk dijadikan tempat bunuh diri, maka kemungkinan pasangan ini loncat dari gedung2 yang mungkin tingginya cuma 400 meter atau bahkan kurang, karena lebih mudah dicari.

Dan, tentu sangat beresiko membuka parasut pada jarak yang tidak aman, sehingga semakin menguatkan asumsi jika si cowok “terpaksa” buka parasut meski tau jaraknya ga aman.

So, kesimpulannya adalah..

Si cowok memang udah nyiapin parasut, tapi melihat rentang waktu 8 detik yang cukup lama, dapat diyakini jika si cowok tidak berniat untuk membuka parasutnya dengan segera begitu dia melompat. Karena si cowok menunggu pasangannya apakah benar jika pasangan dia akan ikut loncat. Membuka parasut setelah terjun lebih dari 300 meter dan dekat ke bumi tentu ber resiko. Tapi keputusan itu tetap diambil, dikarenakan si cowok tau dia sudah dikhianati.

Kalau dilihat sepintas, memang terlihat bahwa si cowok berhianat karena ia telah menyiapkan parasut. Tetapi logika lainnya, melihat jeda waktu sampai 8 detik adalah waktu yang cukup lama untuk ukuran terjun bebas dari atas gedung. Kalau si cowok ini memang berniat berhianat, tentu baru beberapa saat terjun dia bisa langsung membuka parasut. Apalagi dengan kemungkinan analisa seperti yang agan Kaskuser diatas paparkan. Jadi daku pribadi setuju cewenya yang berhianat.

Nah, bagiamana menurut bro dan sist? Siapa yang berhianat? Yang pasti jangan coba-coba ya.

Gambar featured : Paragliding Via ShutterStock