8 Cara Mebedakan Mana Beras Plastik dan Mana Beras Asli

NGONOO.com – Masih hangat ditelinga tentang beras plastik yang beredar luas di pasaran, mungkin banyak orang sulit membedakan antara beras asli dari petani dan mana yang namanya beras plastik. Sekilas memang sulit untuk dibedakan, tetapi jika saudara mencermati dengan teliti maka akan mudah membedakan antara mana beras yang asli dan mana beras dari bahan plastik. Sumber berita yang diperoleh beberapa hari yang lalu, ternyata beras plastik ini berasal dari China. Entah apa motif dibalik beras plastik yang sebenarnya, apa mungkin begini cara meraup untung dengan modal minim hasil maksim? apa mungkin beras dipasaran China sudah langka, sampe-sampe harus memproduksi sendiri beras plastik? Okelah, tidak perlu berlarut-larut menyesali apa yang sudah terjadi. Jangan panik mari beli beras dengan cara yang aman. Begini cara membedakan beras plastik dan beras asli :

1. Gilas Dengan Setrika

Tips yang pertama adalah Gilas beras dengan Setrika yang sudah di colokkan, tunggu beberapa saat hingga hantaran panas yang dihasilkan cukup, cobalah untuk mulai menggilasnya, jika beras lengket berati beras plastik, begitupun sebaliknya, jika beras tidak lengket maka bukan beras plastik.

2. Tidak Terlihat Adanya Guratan 

Untuk mengidentifikasi ini secara fisik memang terlihat sama, tapi bagi mereka yang sudah sering memasak, maka akan mudah membedakanya. Lihat Secara bentuk, tampilan beras asli memiliki guratan dari bekas sekam padi. Sedangkan untuk beras plastik tidak terdapat bekas guratan.

3. Warnanya Bening Bersih

Beras plastik memiliki warna lebih cerah dan terlihat bersih. Sedangkan beras Asli dari sawah petani berwarna putih dan sedikit keruh. Bisa juga dilihat dari ujung-ujung bulir beras, Beras asli terdapat warna putih di setiap ujungnya, warna tersebut merupakan zat kapur yang mengandung karbohidrat. Sedang beras bercampur plastik tidak memiliki warna putih pada setiap ujung bulirnya.

4. Jika Direndam Air Tidak Berubah Menjadi Putih

Kalau beras asli direndam di dalam air maka air akan bewarna putih. Sedangkan beras plastik jika direndam airnya tidak akan berubah menjadi putih karena beras plastik tidak mengandung zat kapur.

5. Jika Diletakkan Diatas Kertas, Bentuk Beras Terlihat Tidak Natural

Jika diletakkan diatas kertas, bentuk beras plastik tidak natural, berbentuk melengkung dan agak lonjong.

6. Jika Dipatahkan Akan Pecah Menjadi Bentuk Kecil-kecil

Beras Plastik kalau di patahkan akan pecah menjadi bentuk yang kecil-kecil, sedangkan untuk beras asli jika dipatahkan akan terbelah menjadi dua.

7. Menggumpal Setelah Dimasak

via jpnn.com
via jpnn.com

Perbedaan mencolok ketika beras telah dimasak, beras plastik akan menggumpal terasa lembek dan kenyal saat dipegang.

8. Beras Plastik Licin, Sedangkan Beras Asli Terasa Kasar

Jika dirasa-rasa dengan tangan, maka tekstur atau bentuk beras plastik terasa licin, sedangkan beras asli terasa agak kasar.

Gimana, sudah taukan sekarang, bagaimana tipsnya membedakan mana beras plastik dan mana beras asli? Semoga bisa membantu dan bermanfaat buat saudara-saudara sekalian.

 

Gambar : Beras via Shutterstock

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.