Duh! Tanpa Izin, Seniman Ini Jual Foto Instagram Orang Lain Dengan Harga Rp 1,1 Miliar!

  • Share

NGONOO.com – Saat ini Instagram adalah salah satu media sosial berbagi foto yang sedang digandrungi banyak orang. Ga heran kalo semakin banyak orang yang membuat akun Instagram dan kemudian mengunggah foto-foto pribadi ke akun milik mereka agar bisa dilihat oleh para followers maupun pengguna Instagram lainnya.

Namun sepertinya buat bro n sest yang hobi mengunggah foto ke Instagram harus sedikit waspada nih. Soalnya seorang seniman asal New York, Richard Prince dalam proyek terakhirnya, ‘ New Portraits ‘ telah mengambil 37 foto dari Instagram milik orang lain tanpa izin. Foto-foto tersebut dicetak ke dalam ukuran yang besar dan dipamerkan di Frieze Art Fair, New York. Duh 😮

pameran foto instagramFoto-foto Instagram yang di pajang di pameran Richard Prince

Tak cuma dipamerkan, ternyata salah satu foto Instagram milik orang lain yang ia pajang di pameran tersebut terjual US$ 90 ribu atau sekitar Rp 1,1 milyar! Wow!

Salah satu foto yang terjual adalah foto seorang wanita bernama Doe Deere. Ia tahu hasil karyanya dipajang oleh Prince ketika teman-temannya melihat pameran tersebut. Foto tersebut memang cukup menarik, menggambarkan Deere dengan rambut birunya yang begitu identik dengan boneka yang sedang ia pegang.

Ia mengatakan kepada para follower Instagram-nya bahwa Prince tidak meminta izin untuk menggunakan fotonya di pameran itu. Ia pun mengungkapkan kekecewaannya melalui akun instagramnya @doedeere “Ya, potret saya ditampilkan di Frieze Gallery, New York. Itu hanya screenshot (bukan lukisan) dari posting-an asli saya. Saya tidak memberikan izin kepada Richard Prince untuk memajangnya di pameran. Ini sudah dijual (US$ 90 ribu, saya sudah diberitahu),” ucapnya.

Richard Prince sendiri walaupun telah mendapatkan banyak uang dari hasil menjual foto milik orang, ia juga mendapatkan banyak kritikan dari berbagai pihak dengan apa yang telah dilakukannya. Bahkan sekelompok orang mengungkapkan agar tidak mengunjungi pamerannya dan membeli foto-foto tersebut.

gambar Instagram via Tamisclao / Shutterstock.com

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.