Irlandia Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

  • Share

NGONOO.com – Irlandia baru saja melegalkan sebuah peraturan yang cukup kontroversial, yaitu pelegalan pernikahan sesama jenis. Keputusan pelegalan tersebut diambil dalam referendum yang digelar Jumat (22/5). Hasil referendum ini menjadikan Irlandia sebagai negara pertama yang melegalkan pernikahan sesama jenis melalui sebuah referendum atau jajak pendapat.

Hasil referendum yang diumumkan pada Sabtu (23/5) menunjukkan sebanyak 1.201.607 penduduk Irlandia memilih mendukung pernikahan sesama jenis, sementara hanya 734.300 penduduk yang menolak.

Pejabat referendum, Riona Ni Fhlanghaile menyatakan dari hasil tersebut disimpulkan bahwa sekitar 62 persen atau separuh lebih dari penduduk Irlandia memilih untuk melegalkan pernikahan sesama jenis. Para pendukung penikahan sesama jenis memadati Kastil Dublin, berbaris di tengah terik matahari untuk menyaksikan langsung hasil penghitungan suara referendum yang ditampilkan pada layar besar. Sesaat setelah hasil diumumkan, mereka bersorak dengan sukacita dan serentak menyanyikan lagu kebangsaan.

shutterstock_139893601Nikahan sesama jenis via Shutterstock

“Hari ini kami berada di Irlandia yang baru. Republik Irlandia yang menjadi nyata setelah saya memimpikannya seumur hidup saya,” kata Jean Webster, seorang wanita berusia 54 tahun, yang menyatakan diri sebagai seorang lesbian.

Hasil referendum ini disambut suka cita oleh warga Irlandia. Sejumlah menteri pemerintahan melambaikan bendera pelangi yang merupakan lambang dari pasangan sesama jenia dari kerumunan massa. Sementara, seorang senator lesbian bahkan meminang pasangannya dalam siaran langsung di stasiun televisi nasional.

Di Irlandia, pernikahan sesama jenis didukung oleh hampir seluruh partai politik, pengusaha besar dan para selebriti. Mereka berharap hal ini akan menandai transformasi di salah satu negara yang paling konservatif di Eropa Barat itu.

Irlandia bukan negara satu-satunya yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Beberapa negara Eropa Barat termasuk Inggris, Perancis dan Spanyol pun membolehkan pernikahan sesama jenis. Beberapa negara lain juga telah melegalkan pernikahan sesama jenis, yaitu Afrika Selatan, Brasil, Kanada dan beberapa negara bagian AS. Walau begitu bagi beberapa negara di Afrika dan Asia, homoseksualitas masih menjadi hal yang tabu dan ilegal.

gambar mas-mas gandengan via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.