Wow! Jembatan Ini Dibuat dari 22 Ribu Kertas Tanpa Perekat dan Rangka Besi

  • Share

NGONOO.com – Jembatan yang sering kita lihat biasanya terbuat dari kayu, besi, maupun beton. Tapi pernahkah bro n sest melihat jembatan yang terbuat dari kertas? Pasti belum pernah liat kan?

Nah di Inggris, tepatnya di Lake District National Park of Cumbria ada sebuah jembatan unik yang terbuat dari kertas. Jembatan kertas tersebut dibangun oleh seorang seniman Inggris bernama Steve Messam.

jembatan kertasjembatan kertas karya Steve Messam

Jembatan unik tersebut dibangun menggunakan 22 ribu lembar kertas berwarna merah. Dan uniknya lagi Messam membangun jembatan tersebut tidak menggunakan lem dan tanpa rangka baja yang menopangnya, ia menggunakan “prinsip arsitektur otentik”. Satu-satunya hal yang membuat jembatan itu berdiri adalah dengan kompresi yang ada pada kedua ujung jembatan.

jembatan kertas3jembatan kertas karya Steve Messam

Sekilas jembatan yang membelah sebuah sungai kecil itu terlihat seperti jembatan mainan dan meragukan untuk orang bisa melintas di atasnya. Tapi sang pembuat jembatan meyakinkan, walaupun terbuat dari kertas dan tampa perekat sama sekali, jembatan tersebut mampu menahan beban orang yang melintasinya. Bahkan Messam juga mengklaim jembatan itu tetap kokoh meski terkena air, karena kertas menyerap air, memperluas dan membuat lengkungan lebih kuat.

jembatan kertas2jembatan kertas karya Steve Messam

Namun sayangnya jembatan unik tersebut tidak akan berada di tempatnya dibangun dalam waktu yang lama. Jembatan kertas yang dibangun dalam rangka melaksanakan proyek sementara Lakes Ignite 2015 ini akan segera dibongkar dalam waktu 10 hari. Kertas-kertas yang digunakan untuk membangun jembatan akan didaur ulang.

Yah sayang banget ya gaes, jembatan unik tersebut tidak dibangun untuk waktu yang lama. Padahal bisa juga tuh digunakan sebagai ikon wisata yang menarik di tempat tersebut.

gambar jembatan via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.