Iniloh Fakta, Statistik Dan Aktor Dibalik Kejayaan Barcelona Musim ini

  • Share
Barcelona
Barcelona

NGONOO.com – Akhir pekan kemarin Barcelona telah resmi mengamankan gelar La Liga untuk musim ini setelah mengalahkan Atletico Madrid di Vicente Calderon. Kegemilangan Barca musim ini bisa dibilang luar biasa, pasalnya mereka memiliki kesempatan untuk meraih gelar trible winner.

Setelah menyabet gelar perdana musim ini ada beberapa fakta dan statistik dibalik kejayaan Barca musim ini.

Luis Suarez
Luis Suarez

Yang pertama. Kedatangan Luis Suarez ke Camp Nou. Sempat diragukan akan kapasitasnya sebagai pemain karena sering melakukan hal-hal kontroversi, namun Suarez menjawab keraguan publik dengan kontribusinya untuk klub.

Dengan Messi dan Neymar, Luis Suarez menjelma menjadi trio yang menakutkan di lini depan Barca musim ini. Tercatat sudah 118 gol dibuat oleh ketiga striker ini. Ditahun 2015, pemain yang berjuluk el Pistolero ini telah mencetak 21, sebuah catatan yang luar biasa bagi pemain yang baru masuk di musim pertama.

Claudio Bravo
Claudio Bravo

Salah satu aspek terpenting untuk tim juara adalah memiliki kiper yang tangguh di bawah mistar. Di musim perdananya di Barcelona, Claudio Bravo menunjukkan penampilan yang solid dan sukses merebut trofi Zamora perdana di sepanjang karirnya.

Kiper berusia 32 tahun tersebut mampu mengamankan gawang Barca dengan baik. Dalam 37 partai di La Liga musim ini, pasukan Luis Enrique baru kebobolan 19 gol yang menjadikan Barca sebagia tim paling sedikit kebobolan. Bravo juga mencetak total 23 clean sheet dari 37 pertandingan La Liga.

xavi dan iniesta
xavi dan iniesta

Selanjutnya ada dua gelandang senior yang terpisahkan karena skema rotasi yang diterapkan oleh sang Entrenador Luis Enrique. Xavi dan Iniesta adalah pass master yang menjadi andalan di era Pep Guardiola yang kala itu mengusung gaya bermain tiki-taka. Kedua gelandang senior ini baru empat kali dimainkan bersama pada musim ini.

Lionel Messi via skysports.com
Lionel Messi via skysports.com

Dan yang terakhir adalah kembalinya ketajaman Lionel Messi. Pemain asal Argentina tersebut menunjukan grafik menanjak pada musim ini. Sempat melempem di awal musim, memasuki tahun 2015 Messi dan trio nya menjelman menjadi monster ditakuti oleh lini pertahanan lawan.

Bahkan Barca tercatat ada 11 kali melakukan pembantaian yang minimal mencetak 5 gol. Satu diantaranya adalah membantai Cordoba dengan mencetak 8 gol tanpa balas. Di Liga Champions Messi telah mencetak 10 gol pada musim ini dan 77 gol selama membela Barca.

 

Gambar: Barcelona via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.