ASUS Zenfone Max Pro M2

Wawancara Spesial Yoda Jebolan Indonesian Idol Setelah Rilis Single 'Kasih Jangan Kau Pergi'

Arya Hanya | Hiburan | 08 May, 2015

NGONOO.com – Ajang pencarian bakat musik di Indonesia menjadi salah satu acara yang memiliki daya tarik besar bagi pemirsa televisi. Bagi peserta, mengumpulkan penggemar dalam waktu singkat juga bisa diraih setelah melalui banyak tahap seleksi. Tetapi, mempertahankan eksistensi di dunia musik menjadi hal yang sering diragukan orang terhadap jebolan-jebolan di ajang pencarian bakat. Beberapa diantaranya berhasil bertahan eksis dan berkaya, dan tak sedikit pula yang tenggelam.

Yoda, pria asal Kebumen yang dikenal dengan suara berkarakter rock nya di ajang pencarian bakat Indonesian Idol menjadi salah satu yang mencoba terus bertahan dan berkarya di dunia musik. Dihubungi melalui pesan singkat Kamis (7/5/2015), juara 3 Indonesian Idol tahun 2012 lalu itu mengatakan single nya sudah rilis resmi tanggal 1 Mei 2015 kemarin.

Yoda Rilis Single Perdana

Yoda Rilis Single Perdana

Mau mengetahui info lebih lanjut bagaimana perjalanan Yoda sampai merilis single “Kasih Jangan Kau Pergi’? Simak hasil wawancara Ngonoo dengan Yoda yang dilakukan melalui email berikut ini. Khusus buat bero dan sest anti kudet.

Ngonoo : Hallo mas Yoda, priben kabare? Rambutnya masih oke kan? Esih bisa ngapak?

Yoda : Oi bor !! Rambut aman semrawut tapi nggak jorok ya,wangi bersih lho..haha

Ngonoo : Ngomong-ngomong congrats nih buat rilis single nya. Boleh donk ya,  cerita dikit tentang perjalanan sampai single ini dirilis buat para pembaca Ngonoo.

Yoda : Thank You. Sejujurnya, kalau dari awal memutuskan bermusik sampai rilis single ini memang sangat panjang dan berliku. Mulai dari ngamen sana-sini di Jogja dan Kebumen, juga menciptakan lagu dan main musik bareng temen-temen “Today Band” sampai jualan susu. Kemudian ikut ajang Indonesian Idol, dan Alhamdulillah bisa tembus juara 3 berkat dukungan semua pemirsa. Setelah ‘Idol’ 3 tahun lalu, mimpi untuk rilis single sendiri juga tak semudah yang dibayangkan Aku masih harus melanglang buana ke penjuru Indonesia yang juga aku anggap untuk menempa percaya diri dan mental, sekaligus sebagai bekal dan persiapan yang lebih matang. Tapi semua perjuangan itu menjadi manis ketika karya ini bisa dinikmati banyak orang. Dan, This is just the beggining.

Ngonoo : By the way omong-omong, rilis resmi nya kapan mas Yoda? Banyak lihat radi-radio di Indonesia yang ngetwit lagunya nih.

Yoda : Press release resmi kemarin 1 Mei 2015 disertai pemutaran serentak di 225 Radio di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Lombok, Jayapura, hampir merata di seluruh Indonesia.

Ngonoo : Terus, kenapa milih recycle lagu “Jangan Kau Pergi” ? Gak yang rock banget atau ciptaan sendiri? Sepertinya banyak Yodangers dan penikmat musik yang kangen sama karakter rock nya kaya pas mbawain ‘When I See You Smile’ itu.

Yoda : Pertama, itu memang lagu kesukaanku sejak remaja, jadi sekalian nostalgia gitu. Lagu itu juga banyak menginspirasi pas nulis lagu bertemakan cinta. Lagu ini memang sudah cukup lama, tapi masih banyak digemari. Dan buat yang belum pernah mendengar sebelumnya, semoga suka versi yang aku bawakan.

Ngonoo : Proses pemilihan lagu sampai rilis ini berapa lama mas? Siapa saja yang terlibat? (Cape ga? Kalau cape istirahat lho, nanti sakit).

Yoda : Proses pemilihan lagu berjalan nggak terlalu lama mungkin sekitar 1 bulan, dan melibatkan manajemen SMN ( star media nusantara) dan juga label OMP ( outlaw music production) , Yodangers Indonesia yang aku anggap sebagai keluarga besar, doa keluarga, dan abang sendiri sebagai admin fanbase yang mengenalku dengan sangat baik, serta semua pihak yang ga bisa aku sebutkan satu persatu. Untuk proses recording, juga dibantu musisi berpengalaman Aswin Nyong (gitarist band kunci) sebagai Music director.

Ngonoo : Selain radio, ada rencana promo off-air kemana mas? 

Yoda : Dalam waktu dekat bakal ada media visit , ke radio dan juga ke area fanbase yang tersebar di seluruh indonesia. Pastinya akan ada promo ke tv juga.

Ngonoo : Soal single nih, sudah ada rencana pembuatan video klip? Atau malah sudah siap dirilis juga?

Yoda : Untuk video klip sudah ada rencana dalam waktu dekat. Sesuai jadwal tanggal 15 Mei ini segera dimulai. Semoga secepatnya bisa dirilis. Sementara ini, sudah rilis lyrics video yang baru menghantarkan lirik dalam lagu itu,. Mengenai isi lagu itu bakal banyak terbongkar lewat video klip. Jadi tunggu saja.

Ngonoo : Harapan mas Yoda apa nih setelah rilis single yang pertama ini? Ada lanjutannya donk? Bocoran sedikit boleh lho

Yoda : Jadi single pertama dari “Bunga” ini juga sebagai reminder. Mungkin sudah ada beberapa yang lupa siapa Yoda. Karena memang, mempertahankan apa yang sudah dicapai lebih sulit daripada proses mendapatkannya. Tidak dipungkiri masih banyak yang meragukan jebolan-jebolan ajang pencarian bakat. Ini adalah langkah kecil untuk terus berkarya di dunia musik. Aku berharap lagu ini bisa diterima masyarakat luas dan dinikmati semua kalangan.

Setelah single ini, tentu masih ada kelanjutnya. Bocorannya, di single-single selanjutnya bakal ada lagu yang bernuansa lebih rock, dan juga campuran pop rock untuk memenuhi keinginan para yodangers dan penikmat musik umumnya dari berbagai usia yang selalu support dan membuat aku dikenal beberapa tahun terakhir. Ada beberapa materi lagu tentang alam, cinta, dan kisah hidup. Hahaha..Cukup yah.

Ngonoo : Oya, ada salam atau pesan buat para Yodanger dan penikmat musik Indonesia pada umumnya?

Yoda : Oh pasti, tentunya terimakasih buat yodanger yg selalu setia support dari awal aku masuk Indonesian Idol sampai sekarang. Juga buat penikmat musik Indonesia semoga karya ini bisa diterima, dinikmati dan juga menginspirasi banyak orang dalam segala hal. Bukan hanya dalam bermusik, tetapi juga mencapai impian di bidang apapun. Jangan lupa ‘Say No To Pirate’ dan Do Your Best!

Ngonoo : Buat Ngonoo juga donk!

Yoda

Yoda

Ngonoo : Oke mas Yoda, matur tengkyu buat waktunya. Selamat dan sukses buat single ‘Jangan Kau Pergi’ nya, dan ditunggu karya-karya berikutnya. Salam dari keluarga NGONOO. Jangan lupa makan ya dan Sat Set Bat Bet.

Yoda : Sama-sama, sukses juga buat NGONOO. (kemudian hening)

Video lirik ‘Kekasih Jangan Kau Pergi’ Yoda