5 Manfaat Penting Dari Kurma yang Dikonsumsi Saat Puasa

  • Share

NGONOO.com – Di bulan puasa seperti saat ini, kurma adalah salah satu buah yang banyak dan mudah ditemui dimana-mana. Hal tersebut bukan hanya karena buah ini dianjurkan oleh Nabi Muhammad untuk menu berbuka, namun juga karena kurma ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita gaes.

Dalam buah kurma sendiri terkandung banyak nutrisi, diantaranya terdapat zat besi, kalsium, magnesium, selenium, serat, kalium, sukrosa, glukosa, dan fruktosa di dalamnya yang tentunya bermanfat bagi tubuh. Oleh karena itu kurma dipercaya mampu menyeimbangkan kembali energi tubuh, gula darah, tekanan darah yang semula rendah karena tubuh belasan jam tidak menyantap makanan apapun.

Nah berikut ini ada 5 manfaat yang bisa bro n sest dapetin saat mengkonsumsi kurma di bulan puasa. Langsung deh, cekidot!

shutterstock_179801375buah kurma via Shutterstock
1. Mengontrol nafsu makan saat berbuka
Pas buka puasa, pasti rasanya pengen makan sebanyak-banyaknya kan gaes. Tapi kalo bro n sest mengawali berbuka dengan mengonsumsi kurma, ternyata bisa membantu mengontrol rasa lapar, jadi bisa terhindar dari makan berlebihan saat berbuka.
2. Mempersiapkan pencernaan setelah kosong belasan jam
Mengonsumsi kurma saat berbuka sama dengan mempersiapkan pencernaan untuk kembali aktif setelah 13 jam tidak ada makanan dan minuman yang masuk. Buah kering ini merangsang sekresi enzim pencernaan yang ada di perut.
3. Cegah sembelit
Kurma merupkan buah kaya serat yang bisa mencegah sembelit. Selain itu, mengonsumsi buah berwarna kecoklatan ini meningkatkan gerak peristaltik di usus yang memperlancar buang air besar.
4. Bunuh bakteri
Beberapa varietas kurma dapat membunuh infeksi bakteri di tubuh karena mereka berperan sebagai antibiotik. Dalam sebuah penelitian terbukti kurma 50 persen sama efektifnya dengan antiobiotik penisilin.
5. Mengurangi tingkat kolesterol
Kolesterol yang terkandung dalam kurma bisa membantu mengusir kolesterol jahat dari tubuh sehingga tubuh tetap sehat.
Nah banyk juga kan gaes manfaat-manfaat penting dari buah khas timur tengah ini. Jadi tunggu apalagi, siapkan kurma untuk menemani ibadah puasa kamu biar puasa lancar dan badan tetap sehat. Selamat berpuasa 😀
gambar kurma via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.