Inilah Alur Bagaimana Seorang Pemain Sepakbola Bisa Mendarat Di Klub Baru

  • Share
Uang
Uang

NGONOO.com – Dalam dunia sepakbola, perpidahan pemain dari klub satu ke klub lainnya menjadi salah satu hal yang menarik untuk diikuti. Pemian top seringkali didatangkan untuk menambah daya gedor sebuah klub. Namun, untuk mendatangkan seorang pemain handal tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa tahapan untuk menuju kata deal.

Untuk mengetahui bagaimana caranya pemain sepakbola pindah dari satu klub ke klub lainnya, berikut ada beberapa tahapan dalam proses transfer.

Uang
Uang via Shutterstock

1. Klub Butuh Pemain Baru

Seorang pelatih akan mengusulkan nama-nama yang telah ia kantongi yang setidaknya layak untuk mengisi skuadnya. Nama-nama tersebut kemudian akan dilaporkan ke pihak manajemen yang selanjutnya ditindaklanjut oleh tim pemandu bakat yang tentunya akan memantau perkembangan sang pemain.
2. Pemantauan Pemain

Setelah masuk kedalam daftar tim pemandu bakat, sang pemain terus akan dipantau. Baik itu melalui rekaman video, berbicara pada agen pemain atau melihat langsung ke lapangan. Dalam tahap ini, sesuai aturan, klub peminat hanya bisa melihat penampilan pemain tanpa bisa melakukan pembicaraan secara langsung.

3. Tahap Negosiasi

Setelah dirasa cocok dengan pemain incaran, peminat akan melakukan negosiasi dengan klub sang pemain. Hal yang pertama dilakukan biasanya adalah menanyakan apakah sang pemain termasuk kedalam daftar transfer atau tidak. Jika klub pemilik menyatakan si pemain boleh ditransfer dengan biaya yang sudah dipatok, barulah klub peminat bisa melakukan pembicaraan dengan pemain bersangkutan.

4. Negosiasi Personal Term

Setelah pemilik memberi lampu hijau dan sang pemain bersedia, maka tahap selanjutnya adalah negosisasi klub peminat dengan pemain incaran. Disini akan dibahas masalah lama kontrak dan gaji pemain, kebanyakan klub peminat akan mengiming-ngimingi bonus jika sang pemain bisa memenuhi beberapa persyaratan sepanjang kontrak.

Dalam proses ini, kemampuan agen sebuah klub sangat dibutuhkan. Pasalnya, tidak jarang kedua belah pihak langsung mengiyakan nominal untuk memboyong pemain.

5. Menjalani Tes Medis

Setelah selesai dengan negosiasi kedua belah pihak, pemain harus menjalani tes medis dari klub barunya. Proses ini bertujuan untuk mengetahui kesehatan pemain dan memeriksa kebugaran. Jadi, jika ada pemain yang tidak dalam kondisi tidak baik, tim dokter klub bisa mengantisipasi hal tersebut.

6. Penandatanganan Kontrak

Tahap selanjutnya adalah penandatangan kontrak dengan klub baru. Tahap ini biasanya tidak akan berselang lama setelah pemain menjalani tes medis dan dianggap lolos. Proses transfer pemain yang dinyatakan sah secara hukum jika sudah ada International Transfer Certiļ¬cate (ITC) dari klub lama.

7. Perkenalan Ke Publik

Tahap terakhir adalah perkenalan ke publik. Pemain dengan biaya transfer yang wah banget biasanya akan diperkenalkan secara besar-besaran seperti yang dilakukan Real Madrid pada Ronaldo dan Bale.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.