Hindari Makan Makanan Ini Saat Berbuka Puasa

Junk food
Junk food

NGONOO.com – Setelah seharian menahan lapar dan haus, disaat waktunya berbuka puasa kebanyakan orang yang menjalankan puasa pasti akan melakukan balas dendam dengan melahap semua hidangan yang terlihat enak yang menggoda matanya. Makanan yang berlemak dan berkalori tinggilah yang akan mereka pilih asal perut terisi.

Namun, dibulan puasa yang indah selain kita mengumpulkan pahala, kita juga bisa sembari menjalankan diet, betul, betul. Nah apa jadinya jika setiap kita berbuka puasa yang dimakan itu berlemak tinggi dan kalori? Menurut buku dokter, masalah yang akan datang menghampiri tubuh kamu cukup berat. Kolesterol, hipertensi, dan diabetes bisa menyerang tubuh jika pola makan yang kurang tepat.

Untuk itu, hindarilah beberapa makanan dibawah ini jika kamu berbuka puasa guna meminimalisir terjangkitnya penyakit diatas.

Junk food
Junk food via Shutterstock

 

Lemak Jahat

Makanan yang mengandung lemak jahat di antaranya adalah mentega, minyak kelapa sawit, minyak kelapa, dan santan. Sebagai gantinya, gunakan minyak sayur, minyak zaitun, atau minyak jagung yang lebih menyehatkan.

Daging Berlemak

Contoh daging berlemak adalah kornet sapi, iga sapi, steak, sosis, dan daging olahan. Selain itu, batasi juga konsumsi jeroan seperti paru, limpa, hati, ginjal, dan otak. Anda bisa menggantinya dengan daging yang lebih rendah komposisi lemaknya, seperti ayam atau kalkun tanpa kulit, daging sapi bebas lemak (lean beef), sapi muda, dan ikan.

Makanan Laut

Ikan memang baik untuk kesehatan. Namun ada beberapa jenis makanan laut yang harus dibatasi karena mengandung tinggi lemak, seperti lobster, udang, dan cumi-cumi.

Gorengan

Walaupun rasanya sangat nikmat, tahanlah diri untuk mengurangi konsumsi makanan atau kudapan yang digoreng. Sebagai gantinya, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang ditumis, direbus, dikukus, atau dipanggang.

Kudapan

Anda tidak boleh lupa diri ketika mengonsumsi kudapan yang terlihat menggiurkan, seperti kerupuk, muffin, roti, dan beragam jenis kue, karena makanan tersebut kebanyakan dibuat dari lemak jenuh.

Produk Susu

Batasi susu dan produk turunannya yang mengandung lebih dari 1% lemak. Produk yang termasuk ke dalamnya adalah krim, keju, dan es krim.

Makanan Cepat Saji

Anda harus membatasi konsumsi hamburger, kentang goreng, ayam goreng, dan sejenisnya. Menu makanan di restoran cepat saji umumnya mengandung banyak lemak, terutama lemak jenuh. Jika Anda ingin makan di restoran tersebut, makanlah ayam goreng tanpa kulitnya.

Terus kalau ini itu dilarang, lalu makan apa dong. Baca: Makanan Ini Yang Cocok Untuk Berbuka Puasa

Selamat mencoba geng, kesetahanmu loh dijaga. Semoga puasanya lancar 🙂

Response (1)

  1. sekedar masukan, kalau ambil topik soal makanan yang dihindari saat berbuka puasa sebaiknya tidak usah memasukkan bacon di dalamnya. Sebagai muslim, walaupun tidak puasa, bacon yang merupakan daging babi, haram hukumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.