9 Fakta Mengenai Mantan Mentri BUMN Dahlan Iskan

  • Share

NGONOO.com – Dahlan Iskan lahir di Magetan, 17 Agustus 1951. Ia adalah CEO surat kabar Jawa Pos dan Jawa Pos News Network, yang bermarkas di Surabaya. Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PLN sejak 23 Desember 2009. Pada tanggal 19 Oktober 2011, berkaitan dengan reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu II, Dahlan Iskan diangkat sebagai Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara menggantikan Mustafa Abubakar yang sedang sakit.

Awal karir Dahlan Iskan adalah sebagai calon reporter sebuah surat kabar kecil di Samarinda, Kalimantan Timur pada tahun 1975. Tahun 1976, ia menjadi wartawan majalah Tempo. Sejak tahun 1982, Dahlan Iskan memimpin surat kabar Jawa Pos hingga sekarang. Selain itu ada beberapa fakta yang mengejutkan dari seorang Dahlan Iskan yang terkenal selalu ramah di mata masyarakat Indonesia, ini dia :

via wartatimur.com
via wartatimur.com

1. Dahlan Iskan Tidak Mengetahui Tanggal Lahirnya

Dahlan Iskan dibesarkan di lingkungan pedesaan dangan kondisi serba kekurangan. Orangtuanya tidak ingat tanggal berapa Dahlan dilahirkan. Dahlan akhirnya memilih tanggal 17 Agustus dengan alasan mudah diingat karena bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

2. Dahlan Iskan Pernah Menulis Buku Berjudul Ganti Hati

Buku ini berisi tentang penglaman Dahlan Iskan sendiri dalam melakukan operasi cangkok hati di Cina.

3. Dahlan Iskan Memiliki Kekayaan Yang Sangat Besar

Ada sekitar 120 media cetak dan 20 stasiun televise yang berada di dalam naungannya. Belum termasuk di dalamnya 40 jaringan percetakan, pabrik kertas, power plant, perminyakan, agribisnis, dan property. Hal ini tentunya yang selalu menggelembungakn pundi–pundi hartanya.

4. Dahlan Iskan Tidak Ambil Gaji

Tidak semua gaji yang seharusnya menjadi haknya di ambil oleh Dahlan Iskan. Saat menjabat sebagai pemimpin perusahaan daerah, Dahlan Iskan pun tidak mengambil gaji dan fasilitas untuknya. Saat menjadi Dirut PLN, Nasiah yaitu istri Dahlan Iskan menyarankan agar bensin untuk mobil dinas yang dipakai menggunakan dana pribadi saja. Tentu itu bukan dilakukan untuk mencari popularitas, tetapi sikap berhati-hati terhadap apa yang mereka terima merupakan hal yang telah lama mereka ambil.

5. Prestasi Dahlan Iskan Di PLN

Dahlan Iskan pernah di ganjar sebagai marketer of the year Indonesia (MOTY) 2010. Penghargaan tersebut diberikan pada saat MarkPlus Conference yang di adakan tanggal 16 Desember 2010. Penghargaan ini terkait dengan kinerja Dahlan Iskan yang di anggap luar biasa dalam membenahi dan menakhodai Perusahaan Listrik Negara.

6. Dahlan Iskan Bertemu Dengan Presiden RI Menggunakan Sepatu Kets

Karna penampilanya yang nyentrik Dahlan Iskan sering bertemu Presiden RI tetap menggunakan sepatu kets. Padahal protokoler kepresidenan biasanya mempunyai aturan sendiri bagi tamu yang akan menghadap presiden. Tetapi Dahlan Iskan tetap saja cuek. Baginya, sepatu kets adalah anggota tubuhnya yang selalu di bawa kemana-mana. Kabarnya Dahlan Iskan tidak minta izin kepada presiden untuk menemuinya dengan menggunakan sepatu kets.

7. Dahlan Iskan Menangis Setelah Dinyatakan Sebagai Mentri BUMN

Tampaknya dia adalah satu-satunya mentri baru yang terlihat menangis, Dahlan Iskan menangis karena harus meninggalkan PLN yang ternyata sangat dicintainya. PLN di tanganya kembali menjadi perusahaan yang di hargai masyarakat. Selama ini PLN memang lebih sering di hujat disbanding diberikan pujian. Pemadaman listrik adalah salah satu sumber hujatan bagi PLN. Tapi saat Dahlan Iskan menjadi Dirut PLN permasalahan ini hilang dalam sekejap.
Dahlan juga mengatakan menangis karena masih belum bisa melihat hasil kinerjanya. Dahlan mengaku masih ingin di PLN 6 bulan sampai 1 tahun lagi, karena masih banyak proyek-proyek PLN yang sebentar lagi akan selesai. Yang akan mampu mengatasi persoalan Listrik di Indonesia.

8. Lebih Sering Tampil Dengan Menggunakan Kemeja Warna putih

Banyak yang sudah menyadari, biasanya pak Dahlan Iskan ini kemana-mana selalu khas menggunakan kemeja putih dengan lengan digulung. Tidak hanya sampai disiti, celananyapun tak luput dari pandangan, setiap tampil di tv Dahlan Iskan lebih sering menggunakan celana berwarna Hitam.

9. Dahlan Iskan “Tersenyum” Ketika Ditetapkan Sebagai Tersangka Korupsi Gardu Induk

Yang baru ini adalah Mantan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero, Dahlan Iskan, ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Dahlan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan 21 gardu listrik induk Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat (NTB) senilai Rp 1,063 triliun. Ia lebih banyak tersenyum ketika ditanya oleh beberapa wartawan yang saat itu sedang meliputnya.

 

Featured image Dahlan Iskan via Liputan6

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.