Sony Janjikan Berikan Update Software Untuk Mengatasi Permasalahan Temperatur Pada Xperia Z3+ dan Xperia Z4

  • Share
Sony Xperia
Sony Xperia

NGONOO.com – Permasalahan overheating atau suhu yang terlalu panas akibat penggunaan chipset Snapdragon 810 memang bukan merupakan hal baru dalam dunia smartphone. Jika dulu permasalahan tersebut menimpa HTC One M9, kali ini permasalahan yang sama menimpa raksasa teknologi asal Jepang, Sony.

Dua smartphone baru bikinan Sony, yaitu Xperia Z4 dan Z3+ yang notabene adalah smartphone yang sama juga mengalami permasalahan overheating. Kedua smartphone tersebut sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 810, akibatnya setelah digunakan beberapa saat bagian belakang smartphone menjadi sangat panas.

Para konsumen di Jepang sudah mengeluhkan permasalahan tersebut melalui media sosial, dan bahkan beberapa retailer di Jepang menyarankan agar pengguna Xperia Z4 tidak terlalu lama menyalakan smartphone miliknya.

Sony Xperia Z4
Sony Xperia Z4

Sementara itu, di Belanda juga telah dilakukan ujicoba untuk mengetahui tingkat daya tahan Xperia Z3+ dengan cara membuka aplikasi Camera. Tidak lama setelah aplikasi tersebut dibuka, Xperia Z3+ mengalami overheating dan aplikasi Camera tidak bisa lagi digunakan karena suhu smartphone yang terlalu panas.

Pihak Sony sendiri tidak menyangkal hal tersebut, mereka mengatakan jika pada beberapa kasus, aplikasi tertentu bisa ditutup secara otomatis akibat suhu smartphone yang terlalu panas.

Melihat hal tersebut, Sony dikabarkan segera memberikan update software untuk Xperia Z4 maupun Z3+ agar permasalahan overheating bisa segera diatasi.

Kemungkinan besar Sony akan mempercepat clock speed CPU dan juga GPU, serta mencegah keduanya agar tidak mencapai kecepatan tinggi terlalu sering. Jika hal tersebut dilakukan, tentunya akan bisa mengurangi temperatur smartphone, tetapi akibatnya akan menurunkan performa dari smartphone itu sendiri.

Gambar: Sony Xperia via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.