5 Kenyataan Pahit Yang Harus Diterima Indonesia Atas Sanksi Dari FIFA

  • Share
FIFA via liputan6

NGONOO.com – Akhir bulan Mei, tepatnya pada tanggal 30 Mei 2015, Indonesia secara resmi diberikan sanksi oleh FIFA terkait dibekukannya PSSI oleh Menpora. Dua minggu berlalu setelah jatuhnya sanksi, sepakbola Indonesia pun hampir seluruhnya terhenti. Harapan datang ketika timnas U-23 yang berlaga di Sea Games Singapura masih diberi izin untuk mengikuti ajang tersebut, selebihnya ‘mati suri’.

Yaa, harapan masyarakat Indonesia untuk menyaksian Garuda muda bermain di ajang Internasional dan bisa mengharumkan nama bangsa ada dipundak Evan Dimas dkk. Namun kenyataanya, Evan Dimas dkk tidak bsia berbicara banyak di ajang tersebut dan bahkan harus mengalami kekalahan telak di fase knockout dari Thailand.

timnas U-23 via okezone
timnas U-23 via okezone

Kegagalan Timnas U-23 tersebut menjadi penutup dari begitu banyaknya masalah yang terjadi setelah Indonesia dijatuhi sanksi oleh FIFA. Berikut ada 5 kenyataan pahit yang harus diterima Indonesia atas sanksi FIFA.

1. Timnas Senior Gagal Mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia

Timnas Senior sejatinya akan mengikuti pra Piala Dunia 2018 Rusia pada 11 Juni 2015. Indonesia tergabung kedalam grup F yang dihuni oleh Irak, Vietnam, Thailand, dan Taiwan. Sayang, malapetaka datang papa tanggal 30 Mei, FIFA menjatuhkan sanksi pada Indonesia hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

2. Kursus Kepelatihan Lisensi C AFC Diberhentikan

Untuk masalah kursus kepelatihan sendiri Indoneisa masih bisa mengikuti itu. Namun hanya sampai pada gelombang pertama, untuk gelombang selanjutnya tidak diperbolehkan mengikuti kursus kepelatihan tersebut. Gelombang kedua renacananya dibuka pada tanggal 13 Mei kemarin, namun seiring dengan sanksi hal itupun tidak dilaksanakan.

3. Timnas Putri U-14 Gagal Mengikuti Girls Regional Championship 2015 Vietnam

Timnas Putri dibawah 14 tahun juga harus rela mengurunkan iniatnya mengharumkan nama bangsa dikancah Internasional. Yap, Timnas Putri U-14 gagal mengikuti kompetisi Girls Regional Championship 2015 yang diadakan di Vietnam.

4. Bubarnya Timnas U-16 Dan U-19

Setelah beberapa klub peserta ISL bubar, akhir pekan kemarin giliran timnas U-16 dan U-19 yang dibubarkan. Bibit-bibit muda tersebut tadinya akan mengikuti AFF dan AFC yang akan di laksanakan di Indonesia.

5. Timnas U-23 Gagal Total

Sebenarnya harapan masyarakat Indonesia terhadap Timnas U-23 sangatlah tinggi. Pasalnya, Timnas U-23 mendapatkan pengecualian dari sanksi yang diterima oleh Indonesia. Namun sayang, perjalanan tim besutan Aji Santoso hanya bertahan hingga babak semifinal.

Aji gagal memberikan medali setelah dipermalukan oleh sang juara bertahan Thailand dengan skor 5-0 diperbutan medali perunggu.

 

Baca juga: 10 Kerugian Indonesia Akibat Sanksi Yang Diberikan Oleh FIFA

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.