Jay & Gatra Wardaya with 숨(su:m), Kolaborasi Apik Musik Indonesia dan Korea

  • Share

NGONOO.com – Tadi malam, tepatnya hari Senin (08/06) baru saja berlangsung sebuah pertunjukan kolaborasi musik antara budaya Indonesia-Korea yang merupakan wujud kerja sama dua negara yang didukung oleh Korean Foundation (Korea) dan Tembi Rumah Budaya (Indonesia). Bertempat di amphitheater Tembi Rumah Budaya Yogyakarta, acara tersebut berjalan sukses dan lancar.

Pertunjukan kolaborasi yang sukses di gelar tadi malam tersebut merupakan pertemuan musisi Indonesia (Jay & Gatra Wardaya) – Korea (숨(su:m)) yang mengangkat ciri khas musik masing-masing negara yang dipadukan dengan improvisasi dan gaya eksperimental. Perpaduan tersebut menghasilkan musik yang begitu apik yang berhasil membawa para pengunjung dan penikmat musik terhanyut dalam alunan yang syahdu.

tembiKolaborasi Musik Indonesia Korea Jay & Gatra Wardaya with 숨(su:m)

Jay & Gatra Wardaya sendiri merupakan grup yang diinisiasi oleh Jay Afrisando yang berfokus pada penciptaan dan pementasan karya musik puisi dan jazz. Grup ini sudah mempublikasikan 2 album musik puisi dan bekerja sama dengan banyak penulis, seperti Ikun Sri Kuncoro, Romo Sindhunata, Lelaki Budiman, Terry Perdanawati, dan masih banyak lagi.

Sedangkan 숨(su:m) yang berasal dari bahasa Korea yang berarti nafas (breath), merupakan grup duo dari Korea Selatan yang terdiri atas Park Jiha dan Seo Jungmin. Grup ini mengangkat permainan musik Korea dengan kacamata kontemporer dan memiliki keinginan untuk memulai era baru musik Korea. Hal ini berdasarkan pemikiran Park Jiha bahwa kita hidup di era sekarang dengan kondisi kehidupan yang berbeda dari masa lampau.

Park Jiha memainkan instrumen tradisional Piri dan Saenghwang. Sedangkan Seo Jungmin memainkan Gayageum 25 senar. Grup ini telah mempublikasikan 2 album dan menjalani beberapa tur di beberapa negara di Asia, Eropa dan Amerika.

Selain pementasan yang digelar di Yogyakarta (Tembi Rumah Budaya), hasil dari kolaborasi budaya ini direncanakan juga akan dipentaskan di dua kota lainnya di Indonesia, yaitu di Probolinggo (Jazz Gunung Festival) Tangal 12-13 Juni 2015 , dan Surabaya (Pertemuan Musik Surabaya).

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.