Oscar Rekrut 322 Artis Dan Filmmaker Untuk Ikut Pilih Pemenang Oscar Tahun Depan

  • Share

NGONOO.com – Ajang Academy Awards atau sering disebut dengan Oscar bisa dibilang adalah ajang penghargan paling besar dan paling bergengsi bagi dunia perfilman Hollywood. Oleh karena itu untuk menentukan nominasi dan pemenangnya pun ga bisa sembarangan gaes. Setiap tahunnya The Academy of Motion Pictures and Sciences (AMPAS), organisasi yang menyelenggarakan ajang bergengsi tersebut akan mengundang anggota baru untuk bergabung dengan AMPAS untuk menyelenggarakan perhelatan Oscar di tahun berikutnya.

Tahun 2015 ini AMPAS dikabarkan telah mengeluarkan sekurang-kurangnya 322 undangan ke berbagai nama artis dan filmmaker. Jumlah tersebut bisa dibilang mengalami peningkatan pesat. Di tahun 2014 saja hanya ada 271 undangan yang dikirimkan. Bahkan di tahun-tahun sebelumnya biasanya AMPAS hanya mengundang 100-an anggota baru.

Menurut Presiden AMPAS Cheryl Boone Isaacs dan CEO Dawn Hudson, tahun-tahun terakhir ini AMPAS mencoba untuk meningkatkan keberagaman anggotanya. Sekarang ini jika dijumlah anggota AMPAS kurang lebih ada 6000 orang.

anggota AMPAS
Sebagian dari anggota AMPAS via Muvila

Dari 322 undangan anggota baru yang disebarkan, banyak nama-nama aktor dan aktris yang tahun ini sedang berjaya. Mereka di antaranya, aktor terbaik Oscar tahun 2015, Eddie Redmayne, aktor pendukung terbaik J.K. Simmons. Selain itu ada juga nama-nama seeperti Benedict Cumberbatch, David Oyelowo, Chris Pine, Tom Hardy, Dev Patel, Rosamund Pike, Elizabeth Banks dan Emma Stone.

Selain nama artis-artis tersebut ada nama-nama eksekutif seperti petinggi Netflix Ted Sarandos dan petinggi NBC Universal Steve Burke. Ada juga nama-nama sutradara luar amerika seperti Joon- ho Bong (Snowpiercer) asal Korea Selatan dan Damian Szifon (Wild Tales) asal Argentina.

Para anggota baru AMPAS tersebut juga ga sembarangan dipilih. Masing-masing nama disesuaikan dengan kategorinya, dan AMPAS memiliki kriteria mereka masing-masing. Hal itu yang mereka gunakan untuk menentukan undangan anggota baru.

Presiden AMPAS,  Boone Isaacs menjelaskan tujuannya menambah anggota lebih banyak. “AMPAS ingin meningkatkan keberagaman di dalam organisasi. Tiap cabang sudah melakukan perubahan mengenai kriteria anggota mereka. Hal ini membuat talenta-talenta baru yang sebelumnya terlewatkan menjadi bisa sama-sama membangun insdustri ini,” ungkapnya.

gambar piala oscar via Featureflash / Shutterstock.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.