10 Prosesi Adat Yang Dilakukan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda Dari Awal Hingga Sah Menjadi Pasangan Suami Istri

  • Share

NGONOO.com Kini Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda sudah Sah menjadi sepasang Suami istri, akad yang dilakukan sekitar pukul 09 lebih hari ini berjalan dengan lancar. Banyak prosesi adat yang telah mereka lewati sebelum akhirnya bersatu sebagai sepasang suami istri. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas beberapa prosesi adat jawa yang telah dilalui keduanya.

1. Bleketepe

Pemasangan Bleketepe oleh ANTARA FOTO/Maulana Surya
Pemasangan Bleketepe oleh ANTARA FOTO/Maulana Surya

Layaknya prosesi siraman dalam adat Jawa pada umumnya, siraman didahului pemasangan bleketepe sebagai tanda memiliki hajat oleh kedua orang tua Selvi

2. Siraman

Siraman mengandung arti memandikan calon pengantin yang disertai dengan niat membersihkan diri agar menjadi bersih dan murni/suci lahir batin.

3. Peningsetan

Peningsetan adalah suatu upacara penyerahan sesuatu sebagai pengikat dari orang tua pihak pengantin pria kepada pihak calon pengantin putri.

4. Midodareni

Acara midodareni dilakukan sesudah siraman, dalam acara ini ada acara untuk memastikan calon pengantin laki-laki akan hadir dalam akad nikah dan sebagai bukti bahwa keluarga calon pengantin perempuan benar-benar siap melakukan prosesi pernikahan di hari berikutnya.

5. Ijab Qabul

Peristiwa penting dalam hajatan mantu adalah ijab qabul dimana sepasang calon pengantin bersumpah di hadapan naib yang disaksikan wali, pinisepuh dan orang tua kedua belah pihak serta beberapa tamu undangan.

6. Panggih atau Prosesi Temu Manten

Panggih atau prosesi temu manten, dilakukan setelah akad nikah. Iring-iringan pihak mempelai pria membawa kembang mayang yang dibawakan 2 manggolo diiringi rombongan mempelai wanita membawa kembang mayang yang dibawakan 2 domas.

7. Lempar Sirih

Sebelumnya masing-masing mempelai telah dibekali dengan daun sirih yang telah digulung untuk kemudian dilemparkan pada pasangannya masing-masing. Daun sirih ini memiliki simbol selaras, serasi dan seimbang.

8. Pecah Telur

Injak telur merupakan salah satu bagian dalam upacara pernikahan adat Jawa yang biasanya dilakukan setelah upacara panggih. Dimulai dengan pengantin pria melepaskan sandalnya, kemudian menginjak telur ayam mentah dengan menggunakan telapak kaki kanan.

9. Basuh Kaki

Pengantin wanita mencuci kaki suaminya dengan menggunakan air yang telah dicampurkan dengan beraneka macam bunga yang ditempatkan di dalam sebuah bokor atau bejana yang telah dipersiapkan dan setelah itu kaki akan dilap menggunakan handuk hingga bersih.

10. Sungkeman

Sungkem seorang istri kepada suami adalah tahap akhir dari adat pernikahan jawa ini. Menandakan Akan patuhnya istri kepada kepala rumah tangganya.

 

Featured image via cnnindonesia

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.