11 Cara Keren Agar Tidurmu Nyenyak dan Nggak Ngorok Lagi

  • Share

NGONOO.com Mendengkur atau bahasa alamnya adalah ngorok sudah sering sekali dijumpai, di rumah, di kantor, di masjid saat khutbah jum’at bahkan di pasar sekalipun secara tidak sengaja kita bisa menemukan tanda-tanda kehidupan, yaitu “ngorok”. Tidak terkecuali orang terdekat kita sendiri, biasanya juga ngorok. Penyebab Ngorok biasanya terjadi hanya kepada orang-orang tertentu saja, salah satunya adalah orang yang mengidap obesitas, jarang olahraga membuatnya menjadi kekar, perut yang semakin menonjol kedepan, pipi yang semakin tembem dan masih banyak lagi. Tingkat ke ngorokan suatu kaum dapat diminimalisir dengan cara hidup teratur, seperti apa hidup yang teratur itu? Mari kita simak :

11. Olahraga Minimal 3 Kali Dalam Seminggu

Olahraga Lari

Olahraga dapat mengeluarkan racun-racun yang ada pada tubuh dalam bentuk keringat, olahraga apapun itu. Jika anda ingin lebih semangat, Lakukanlah olahraga di tempat yang ramai, dengan tujuan agar anda tidak merasa jenuh dan merasa kesepian.

10. Jangan Suka Begadang

Begadang

Tidur yang tidak teratur dapat membuat anda menjadi lelah lebih cepat, ngantuk di kantor adalah hal yang biasa dialami oleh orang-orang yang suka begadang mencari sesuap $$$$. Tidur minimal 5 jam dalam sehari sudah cukup, sisanya bisa dibuat nyari $$$ lagi.

9. Jangan Minum Kopi Sambil Tidur

Minum Kopi

Minum kopi dengan gula yang banyak itu tidak sehat, apalagi anda meminumnya sambil tidur. So, sekarang jangan males-malesan, habiskan kopi sambil duduk, kalau sudah selesai baru tidur. Pada dasarnya kopi itu banyak manfaatnya, hanya saja jika diminum dengan takaran gula sedikit saja.

8. Hindari Makan Sebelum Tidur

Makan Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur bukan hanya menyebabkan gemuk, tetapi juga membuat anda berisik saat tidur. Dengkuran tersebut akan hilang ketika anda mau mengosongkan perut anda tiga jam sebelum anda pergi tidur.

7. Belajar Diet, Jangan Lakukan Diet Ekstrim

Diet

Diet adalah salah satu cara yang harus anda lakukan ketika anda terus-terusan mendengkur saat tidur. Bisa jadi lemak yang menumpuk di badan yang membuat pernapasan tidak lancar dan mengakibatkan ngorok saat tidur. Jangan lakukan diet Ekstrim, seperti tidak makan selama sebulan.

6. Usahakan Berhenti Untuk Tidak Merokok

Berhenti Merokok

Cobalah anda lihat orang yang suka merokok, kebanyakan akan mendengkur saat tidur. Satu dari 11 tips mengatasi mendengkur saat tidur menjelaskan bahwa berhenti merokok adalah hal yang bisa membuat orang tidak akan mengeluarkan bunyi berisik pada saat tidur. Orang yang merokok biasanya giginya mahal, sebab bewarna emas kekuning-kuningan.

5. Minumlah Air Mineral Yang Cukup

young teenager drinking water after exercise.
young teenager drinking water after exercise.

Sudah banyak yang tahu bahwa air mineral adalah air yang kaya akan manfaat. Salah satu manfaatnya adalah bisa menghilangkan dengkuran saat tidur. Tentunya dengan syarat, jika anda mau mengkonsumsi air mineral dengan cukup setiap harinya.

4. Jangan Biarkan Ada Hewan Imut Yang Tidur Di Bantal Anda

Hewan Di Bantal

Bantal bisa jadi menjadi alasan mengapa anda sering mendengkur saat tidur. Satu dari 11 tips mengatasi mendengkur saat tidur adalah membersihkan selalu bantal yang akan anda gunakan. Jangan sampai bantal tersebut terkena bulu dari binatang kesayangan anda, misalnya kucing karena bisa membuat pernapasan menjadi tersumbat dan akhirnya anda mendengkur.

3. Membersihkan Hidung

Membersihkan Hidung

Orang yang sedang terkena pilek biasanya akan mendengkur saat tidur, cara mengatasi dengkurannya anda perlu membersihkan dulu lender-lendir pada hidung sehingga pada saat tidur pernapasan anda bisa lancar dan dengkuran tak akan lagi terdengar.

 

2. Jangan Mengkonsumsi Minuman Keras

Minuman Keras

Minuman keras sudah pasti tidak baik untuk kesehatan. Satu dari 11 tips mengatasi mendengkur saat tidur yang harus anda coba adalah dengan tidak mengkonsumsi Minuman Keras karena konsumsi Minuman Keras berlebih bisa membuat pernapasan menjadi lambat.

1. Usakan Posisi Tidur Anda  Menyamping

Tidur Menyamping

Agar anda tidak mengeluarkan bunyi berisik saat tidur, hal yang bisa anda lakukan adalah memilih posisi tidur yang benar. Posisi tidur supaya dengkuran tidak lagi terdengar adalah posisi tidur menyamping karena posisi tidur ini dianggap bisa memperlancar aliran pernafasan anda.

 

Featured image: Ngorok via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.