10 Cara Mengetahui Apakah Seseorang Berkata Jujur Atau Bohong!

NGONOO.com – Tidak ada seorangpun di dunia ini yang ingin dibohongi, seiring berkembangnya jaman, pakar-pakar psikolong banyak menemukan cara-cara ampuh untuk mengetahui gerak gerik yang biasanya dilakukan oleh seorang pembual atau pembohong. Memang tidak mudah untuk mendeteksi mimik wajah seseorang, tetapi ada beberapa tanda yang bisa kamu amati jika dia itu sedang berbohong.

1. Lihat Matanya

via happinesstree.org
via happinesstree.org

Mata melihat ke kiri atas, maka mengingat-ingat pengalaman terkait dengan pertanyaan anda. Mata melihat ke kanan atas, maka dia akan sedikit mengarang karena belum siap dengan jawabanya. Mata melihat ke kiri bawah, maka dia sedang mengambil fakta dari masa lalunya (jujur). Mata melihat ke kanan bawah, terhubung dengan perasaan seseorang, bukan sebuah rekayasan.

2. Lihat Dari Mimik Mukanya

via stuff.co.nz
via stuff.co.nz

Amati mimik wajah apakah pipinya merona, lubang hidung melebar, kebiasaan tiba-tiba menggigit bibir, bekedip cepat hingga menarik nafas dalam-dalam ketika berbicara. Kalau dia melakukan hal-hal tersebut biasanya itu tanda bahwa dia sedang mengatakan kebohongan kepada kamu.

3. Perhatikan Bahasa Tubuhnya

via telegraph.co.uk
via telegraph.co.uk

Kamu bisa mendeteksi apakah dia sedang berbohong atau tidak melalui bahasa tubuhnya. Namun, cara ini bisa dilakukan jika dia tidak sedang dalam keadaan ‘sibuk’. Pertama-tama, perhatikan tangannya. Jika dia meremas kedua tangannya waktu ngomong sama kamu atau mengelus wajah itu tanda bahwa dia sedang cemas atau sedang menutupi cerita yang sebenarnya.

Lalu, amati juga kakinya. Jika kakinya terlihat sering bergerak, mungkin dia tegang dan ingin segera mengakhiri topik yang sedang dia bicarakan (di mana topik ini biasanya mengandung kebohongan).

4. Lihat Cara Dia Tersenyum

via womentips.co
via womentips.co

Perhatikan dengan baik bagaimana si dia tersenyum ketika kalian membicarakan topik tertentu. Misalnya, awasi gerakan mulut dan mata ketika si dia tersenyum. Jika dia tersenyum lepas yang melibatkan seluruh organ wajah itu tanda kalau dia jujur. Tetapi kalau dia tersenyum menyeringai (seolah terpaksa) itu tanda bahwa dia sedang berbohong.

5. Cara Bicaranya

via huffingtonpost.ca
via huffingtonpost.ca

Para ahli menyarankan untuk melihat atau merasakan bagaimana pola napasnya ketika berbicara, apakah cepat atau lambat. Jika dia bicara terlalu cepat atau terlalu lambat, biasanya dia tidak sedang berkata jujur.

6. Terlalu Banyak Menyentuh Bagian Tubuh

via realdatingtipsformen.blogspot.com
via realdatingtipsformen.blogspot.com

Saat berbohong, biasanya ada perubahan perilaku yang dilakukan. Mulai dari nada bicara, postur dan gerakan tangan bisa berubah. Hal-hal sederhana seperti ini sering terjadi dan dilakukan untuk menutupi kebohongan dari cerita yang kamu dengarkan. Saat berbohong, dia juga biasanya akan sering menyentuh beberapa bagian tubuh tertentu seperti wajah, bibir, dan leher.

7. Membuang Wajah Ketika Ditanya

via bondedhome.blogspot.com
via bondedhome.blogspot.com

Wajar jika pertanyaan yang kamu berikan adalah pertanyaan sulit kemudian dia membuang wajah atau memalingkan muka. Namun, jika di pertanyaan sederhana saja dia menghindari tatapanmu, maka kamu perlu curiga. Karena jawaban yang akan diberikan oleh dia selanjutnya bisa jadi adalah jawaban yang tidak jujur.

8. Sifat Defensif

via secretmindofthegoddess.wordpress.com
via secretmindofthegoddess.wordpress.com

Saat kamu mengajukan pertanyaan, dia seolah sedang dihakimi dan dipojokkan. Padahal kamu hanya mengajukan pertanyaan biasa. Malah, kadang dia jadi melakukan sikap defensif dengan balik marah dan menuduh kamu terlalu curiga atau posesif.

9. Mengalihkan Pembicaraan

via wisegeek.com
via wisegeek.com

Ketika si dia berusaha mengalihkan pembicaraan secara halus dengan membicarakan topik lain, ada dua kemungkinan. Dia tidak tertarik atau dia sedang berbohong. Jika setelah bahasan lain dibicarakan dia menghela napas panjang, ini karena dia sudah lega karena nggak perlu lagi berbohong sama kamu.

10. Dengarkan Dengan Cermat Apa Yang Dibicarakan

via galleryhip.com
via galleryhip.com

Seseorang yang berbohong cenderung memakai kata-kata seperti “tapi”, “kecuali”, “sedangkan” karena proses berpikir yang rumit ketika berbohong. Dan juga biasanya mereka suka melakukan pengulangan. Si dia juga akan sering memakai kata “aku”, “punyaku”. Di dalam cerita yang dilontarkan oleh pembohong, kamu juga akan menemukan sedikit kata ganti pribadi.

Dan jangan sesekali menjudge orang bahwa dia berkata bohong, jujur atau tidaknya seseorang, itu adalah urusanya sama Tuhanya. Semoga tidak ada pertengkaran hebat setelah tips mendetektsi kebohongan ini publish. hehehe

 

Image: Cewek dan Cowok dengan hidung panjang via Shutterstock

Onky

Onky

Total posts created: 1500

4 thoughts on “10 Cara Mengetahui Apakah Seseorang Berkata Jujur Atau Bohong!”

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *