7 Penyebab Minyak Berlebih Pada Wajah dan 7 Cara Mengatasinya

  • Share

NGONOO.com – Setiap orang baik laki-laki atau perempuan pasti menginginkan wajah yang bersih tanpa minyak di wajah. Wajah berminyak bisa menjadi tempat menempelnya debu, kuman dan bakteri sehingga dapat menimbulkan jerawat. Tidak seorangpun yang menginginkan ada jerawat di wajahnya, sebab jerawat bisa mengurangi tingkat kegantengan dan kecantikan seseorang. Daripada menunggu adzan maghrib yang masih lama, mending kamu baca tips bermanfaat berikut ini :

  • Penyebab Kulit Menjadi Berminyak

1. Makanan Yang Sembarang-sembarang Dimakan

via jacfitclub.com
via jacfitclub.com

Kurangilah makan makanan yang mengandung kadar lemak dan kolestrol tinggi. Bila berlebihan mengkonsumsinya, tanpa kita sadari kadar minyak dalam tubuh akan semakin meningkat. Kekurangan nutrisi dan vitamin juga dapat menyebabkan kulit berminyak.

2. Kosmetik dan Kawan-kawanya

via vemale.com
via vemale.com

Berhati-hatilah memilih kosmetik, karena salah menggunakan produk dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, apalagi saat ini banyak kosmetik yang beredar dipasaran mengandung zat kimia berbahaya.

3. Pola Hidup Tak Sehat

via miamine95.blogspot.com
via miamine95.blogspot.com

Tidur tidak teratur adalah kebiasaan tidak baik yang dapat membuat minyak pada wajah mengumpul.

4. Faktor Keturunan

via huffingtonpost.com
via huffingtonpost.com

Bila orang tua memiliki wajah yang berminyak, dan kulit wajah anda juga berminyak. Itu berarti wajah berminyak anda disebabkan oleh faktor keturunan.

5. Ketidak Seimbangan Hormon

via life.viva.co.id
via life.viva.co.id

Ketidak seimbangan hormon Sering dialami oleh perempuan pada masa pubertas dan sedang dalam keadaan hamil, hal tersebut dapat menjadi penyebab kulit wajah menjadi berminyak.

6. Sering Stress

via epilepsyu.com
via epilepsyu.com

Ketika anda stress, Produksi hormon kortisol akan meningkat sehingga produksi minyak dari kelenjar minyakpun akan meningkat. Ini menyebabkan tubuh anda menghasilkan minyak berlebih dan membuat wajah anda berminyak.

7. Peningkatan Suhu

via koral-online.com
via koral-online.com

Peningkatan suhu dapat menyebabkan produksi minyak dalam tubuh meningkat. Seperti di musim panas , kulit dapat lebih cepat berminyak. Sehingga wajah anda terlihat mengkilap karena berminyak.

  • Cara Mengatasi Minyak Berlebih pada Wajah

1. Menggunakan Masker Lemon

via serbacewek.com
via serbacewek.com

Lemon mengandung vitamin C yang dapat menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit. Anda dapat membuat masker wajah dari lemon caranya dengan mencampurkan perasan jeruk lemon dan madu lalu oleskan ke wajah dan leher, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

2. Masker Pisang

via cantik.cahiya.com
via cantik.cahiya.com

Pisang mengandung vitamin A, C, dan E yang berguna untuk mencegah penuaan dini. Anda dapat membuat masker pisang dengan cara, menghaluskan makser pisang dan mengoleskannya pada wajah. Diamkan selama 20 menit lalu basuh muka dengan air hingga bersih.

3. Masker Putih Telur

via kesehatan-kulit.info
via kesehatan-kulit.info

Gunakanlah putih telur sebagai masker, oleskan putih telur pada wajah anda. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin setiap malam untuk mengatasi kulit berminyak.

4. Masker Bengkoang

via manfaatnyasehat.com
via manfaatnyasehat.com

Bengkuang bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak dan mengecilkan pori-pori wajah. Buatlah masker bengkuang, dengan memblender bengkuang yang sudah dicuci bersih. Lalu oleskan ke wajah anda diamkan hingga 15 menit dan bilas hingga bersih.

5. Masker Alpukat

via vemale.com
via vemale.com

Alpukat berguna untuk menyerap minyak . Caranya mudah, yaitu dengan mengoleskan alpukat yang sudah dihaluskan ke wajah Anda , lalu diamkan 10-15 menit, bilas dengan air hangat.

6. Membasuh Wajah dengan Air Hangat

via manfaatnyasehat.com
via manfaatnyasehat.com

Ambil handuk kecil, lalu celupkan ke air hangat, lalu lap atau kompreskan ke wajah anda selama beberapa menit. Lakukan hal ini setiap malam.

7. Masker Mentimun

via molto.co.id
via molto.co.id

Mentimun berguna untuk mengatasi kulit berminyak. Anda bisa memblender mentimun dan oleskan ke wajah atau bisa juga memotong mentimun tipis-tipis seperti gambar diatas, diamkan selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu basuh dengan air. Lakukan hal ini 2 kali dalam seminggu.

 

Image: Wanita Ngelap Wajah via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.