11 Alasan Mengapa Kebanyakan Orang Jakarta Malas Jalan Kaki

  • Share

NGONOO.com – Selama beberapa tahun tinggal di Jakarta, hal yang tidak mengalami perubahan secara signifikan ialah macet yang semakin menjadi dan polusi yang semakin mengakar. Kalian mungkin sudah tau bahwa minat seorang untuk jalan kaki di Jakarta jauh lebih sedikit ketimbang naik kendaraan. Kota Jakarta adalah contoh kota dengan peminat pejalan kaki sangat rendah, karena kota Jakarta memiliki ritme hidup yang sangat cepat. Semua orang terkesan terburu-buru dan ingin semuanya diselesaikan dengan cepat.

Ada 11 Alasan Mengapa Kebanyakan Orang Jakarta Malas Jalan Kaki. Padahal jalan kaki itu sehat jika jalanya di waktu yang tepat. Apa saja alasan orang-orang Jakarta mengapa malas untuk jalan kaki, ini dia liputanya :

1. Lagi Puasa

via 123rf.com
via 123rf.com

Lagi-lagi puasa dijadikan alasan untuk orang-orang males melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, termasuk jalan kaki, kebanyakan orang semakin manja dengan kendaraan yang sudah dimilikinya, sehingga mudah lelah jika berjalan kaki sekedar untuk pergi kekantor (berlaku untuk yang jarak dari rumah ke kantornya tidak lebih dari 300m). Soalnya kalau lebih dari 300m pasti capek banget.

2. Cuacanya Yang Panas

via suaramahasiswa.org
via suaramahasiswa.org

Jika Jakarta panas, itu bukanlah hal yang aneh, karena kota Jakarta adalah kota Megapolitan yang jumlah penduduknya sangat padat. Apalagi jumlah pepohonan di tepi jalan yang sedikit membuat keadaan ini semakin buruk.

3. Polusi Udara dari Kendaraan

via ramadan.tempo.co
via ramadan.tempo.co

Polusi udara adalah faktor penunjang yang membuat orang Jakarta semakin tambah kesal, Sudah suhu udara tinggi masih ditambah asap kendaraan yang mengepul tak tau diri. Kalian perlu tau bahwa Polusi udara di Jakarta memang disebabkan oleh tingginya emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan-kendaraan, baik kendaraan bermotor, bermobil dan kendaraan umum sekalipun.

4. Trotoar Yang Digunakan Secara Sembarangan dan Tidak Karuan

Rawan Kena Tabrak

Menyebalkanya lagi, Trotoar yang seharusnya digunakan oleh pejalan kaki, kini malah digunakan sepeda motor, dengan alasan bebas macet dan biar cepet. Itu kan Fu*k banget ya, gimana Jakarta mau baik kalau masyarakatnya aja nggak ada yang sadar diri!

5. Rawan Kena Tabrak

via kaskus.co.id
via kaskus.co.id

Yang paling bahaya lagi adalah saat menyeberang jalan. Meskipun sudah menyebrang di zebra cross, masih saja ada pengendara yang tak mau berhenti sebentar, agar pejalan kaki ini tadi bisa lewat. Akibatnya, penyeberang jalan di jalur yang benar kadang menjadi korban tabrakan oleh pengendara yang tak bertanggung jawab.

6. Rawan Tindak Kejahatan

via tempo.co
via tempo.co

Kejahatan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh sebab itu Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, jangan jalan kaki di tempat yang sepi. Pilih jalan yang ramai agar jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan, kamu bisa minta tolong kepada orang sekitar.

7. Bau Tak Sedap Dari Tumpukan Sampah

via metrotvnews.com
via metrotvnews.com

Biasanya di Jakarta ada Trotoar yang berlubang dan saluran air tercium dan menimbulkan rasa tak nyaman saat berjalan kaki. Selain bau tak sedap dari saluran air, sampah-sampah di tepi jalan juga sama baunya. Sampah menumpuk ini bisa berasal dari pedagang yang menggelar dagangannya di tepi jalan.

8. Banyaknya Kendaraan Umum

Kendaraan Umum

Jakarta termasuk kota yang memiliki kemudahan mobilitas karena banyaknya transportasi umum yang beroperasi. Hal ini ada baiknya dan ada buruknya juga. Kemudahan akses transportasi ini membuat orang-orang Jakarta jadi malas berjalan kaki dan memilih naik kendaraan umum seperti kopaja, metromini dan juga bus TransJakarta.

9. Mudah dan Murahnya Kredit Kendaraan

via otomotif.news.viva.co.id
via otomotif.news.viva.co.id

Setiap tahunnya, jumlah kendaraan di jalan Jakarta semakin berlipat ganda. Jika sebelumnya orang-orang bisa dengan mudah naik kendaraan umum, saat ini orang-orang sudah bisa membeli kendaraan pribadi dengan mudah. Dealer motor dan mobil semakin mempermudah prosedur kredit kendaraan dengan cara meringankan uang muka dan juga cicilan setiap bulannya.

10. Abang-abang Penggoda di Pinggir Jalan

Abang penggoda

Banyak abang-abang yang usil dengan menggoda di pinggir jalan. Mulai dari memanggil, bersiul sampai nekad menyentuh. Perempuan tentu tak nyaman berjalan kaki dengan gangguan seperti ini. Sadarlah hai cowok-cowok diluar sana yang tidak beriman! Setiap tingkah dan perilakumu di catat sama malaikat!

11. Jalan Kaki Itu Merusak Penampilan

via howtipsandtricks.blogspot.com
via howtipsandtricks.blogspot.com

Sebagian orang menganggap bahwa berjalan kaki itu merusak penampilan, apalagi cewek, pasti rempong banget. Biasanya mereka para cewek malas Berkeringat, bau dan berantakan. makanya mengapa sebagian diantara mereka Tak ada yang mau berjalan kaki.

 

Image: Pejalan Kaki via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.