7 Tips Mengerjakan Soal SBMPTN Buat Kamu Calon Mahasiswa

NGONOO.com SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang serentak diadakan pada hari ini Selasa, 9 Juni 2015 membuat wajah dari calon mahasiswa baru ini bersemagat luar biasa, gerogipun tidak bisa dipungkiri darinya. Hal ini sangat biasa dirasakan oleh mereka-mereka calon mahasiswa baru.

Sedikit Informasi yang serius : Berdasarkan pengalaman dalam melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis, maka pada tahun 2015 Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) tetap menyelenggarakan ujian tertulis  SBMPTN 2015 yang dapat diikuti oleh siswa lulusan pendidikan menengah (SMA/ MA/ SMK/ MAK) dan sederajat, termasuk Paket C tahun 2013, 2014, dan  2015.

Yang serius udah lewat, sekarang saatnya menyaksikan sedikit ulasan tentang 7 Tips Mengerjakan Soal SBMPTN Buat Kamu Calon Mahasiswa (serius lagi) :

1. Berdo’a Terlebih Dahulu Sebelum Memulai Ujian

via news.okezone.com
via news.okezone.com

Ini adalah tips yang paling pokok dan paling awal yang wajib kamu lakuin jika kamu ingin ujianmu lancar dan sukses.

2. Siapkan Peralatan Sebelum Ujian Dilaksanakan

C61N38 Exam word made of different writing tools
C61N38 Exam word made of different writing tools

Jangan sampai anda sibuk meminjam ke kanan dan ke kiri ketika ujian akan dimulai. Hal ini akan membuat anda tidak fokus dalam menjawab soal-soal yang diberikan.

3. Kerjakan Soal Yang Mudah Terlebih Dahulu

Making Notes from Book ca. 2000
Making Notes from Book ca. 2000

Soal yang mudah memeprcepat anda menyelesaikan materi yang diberikan, jangan terdiam dalam waktu yang lama hanya untuk memikirkan satu jawaban, apalagi terdiam sampai lama hanya untuk memikirkan sebuah ketidakpastian.

4. Jangan Panik Melihat Dosen Yang Cantik dan Ganteng

Bersikaplah biasa saja ketika bertemu dengan mereka, seolah-olah kamu kuliah hanya untuk belajar dan untuk meraih kesuksesan di masa depan, bukan untuk mencari pacar, apalagi tebar pesona.

5. Jangan Panik Melihat Soal

Ketidak panikan seseorang terhadap soal yang diberikan berbanding lurus dengan gaya dia ketika bertatap mata dengan soal. Tarik Nafas dalam-dalam dan hempaskan.

6. Siapkan Permen Karet

Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun yang tidak diketahui, mengunyah permen karet ketika sedang dalam keadaan tidak enak itu baik. Seperti ketika sedang dalam keadaan nerves dan galau. Usahakan agar permen karet tidak tertelan, karena jika tertelan pasti mengurangi stok permen karet yang anda miliki. Anda harus membuka permen karet lagi untuk dikunyah.

7. Bersikap Biasa Saja dan Jangan Malu-malu, Apalagi Malu-maluin

Jika anda tidak memiliki persiapan yang matang untuk mengerjakan soal yang diberikan, berusahalah untuk bersikap baik kepada orang-orang baru yang anda kenal, jika anda baik, tidak menutup kemungkinan mereka akan baik juga dengan kamu, termasuk akan membantumu saat kamu sedang kesusahan menjawab soal yang diberikan. Dengan syarat, berikan permen karetmu demi sebuah jawaban.

 

Featured image: Confusing via Shutterstock

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.