Dota 2 Reborn, Ekosistem Di Dota 2 Yang Game Nya Tersedia Untuk Semua Genre

  • Share

NGONOO.com – Kejutan yang sempat diungkapkan oleh valve tahun lalu jadi kenyataan, akhirnya Dota 2 Reborn rilis juga beberapa hari kemarin. Terlepas dari masih banyaknya bug, para die hard dota berlomba-lomba duluan mencoba versi terbaru yang menggunakan source engine 2. Dan hasilnya? Reborn menjadi viral di kalangan gamers meski server masih belum stabil.

“Its not moba, its dota 2!”kata-kata yang selelu diteriakan para fans nya seperti diwujudkan oleh Valve, game yang di dalamnya ga cuma moba tapi meliputi Dota 2 universe. Thanks to Valve, sudah beberapa bulan semenjak ada fitur toolkit mod games untuk developer yang membuat dota tidak sekedar 5 vs 5 dengan gameplay yang sudah sering kita mainkan, namun seperti yang kita lihat. Ini seperti membawa era baru bermain dota 2. Trend positif? Bisa iya bisa enggak.
fb_image

“New ways to play.” Beberapa oldcrack di Dota mengatakan, biarkan gameplay dota tetap seperti itu, dengan konsep sama tapi mungkin ada maps, hero, item, skill baru. Sementara generasi baru senang dengan beragam mod games yang ada di workshop. Hasilnya? Dota 2 Reborn dengan tampilan baru, fiitur custom games yang dinanti-nanti oleh banyak gamers. Dan konon pas launch Reborn kemarin, para gamers selain penasaran dengan UI Reborn, mereka pengen mencoba custom gamesnya. Namun ide Valve untuk memberi wadah para gamers di Reborn yang di dalamnya ada beragam games yang berkaitan dengan dota 2 seperti merobek ide awal dari dota 2. Orang bermain dota ya karena ingin memainkan dota, ya meski ada yang menjadikan dota sebagai media PDKT tapi hal itu cuma satu bintang diantara ribuan galaksi kok. Sekarang? Orang memainkan dota karena pengen bermain Skillshot War, atau bahkan pengen main game soccer di Reborn. Keren? Untuk sebuah ekosistem di dota 2 sih iya, tapi untuk esensi bermain dota? Come on, bola batu milik Earth Spirititu sangat powerfull buat membungkam dan bikin pingsan, malah dipakai untuk main bola di dota strikers.

Tentu saja bakalan ada sisi positif dan negatif dari rilisnya reborn. Sisi positifnya? UI baru benar benar memberi sensasi beda setiap bermain dota. Sisi negatifnya? Dota 2 itu tentang game kompetisi yang membutuhkan kekompakan bermain, kecepatan berpikir dan memilih strategi mana yang hendak digunakan digabung dengan kecepatan tangan untuk sebuah kemenangan. Dan dengan adanya custom games ini, komitmen Valve untuk mebuat player dota ke arah profesional dengan rutin membuat turnamen yang hadiahnya selalu mecahin rekor seperti hilang. Kalo kalian bilang Bermain dota itu simpel, Silahkan pick hero Earth Spirit atau Invoker dan bermain di MMR 5K keatas. Winning Streak 100x dan selamat, kalian ada potensi menjadi pemain piano profesional.

Tapi kalau ini tentang Ekosistem di Dota seperti yang Valve ungkapkan melalui blognya, Valve sangat cerdik untuk tetap menahan player dota yang kurang bisa berkompetisi di game yang asli dan menyajikan beragam custom game supaya mereka tetap berada di Dota 2 Universe. Atau memberi selingan kepada pros untuk sedikit meregangkan urat nadi dengan bermain Bomberman di Reborn. Yang jelas, jangan sampai dota 2 yang asli ditinggalkan karena penghuninya lebih memilih custom games dan menjadi lemah karena jarang mengasah skill nya. “The magic ends here.” semoga quote Anti Mage tersebut tidak jadi kenyataan di Dota 2 Reborn.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.