6 Tips Biar Mulut Tetep Wangi Saat Puasa

  • Share

NGONOO.com – Buat bro n sest yang sedang menjalani ibadah di bulan Ramadhan ini, bau mulut pasti jadi salah satu masalah yang di hadapi saat berpuasa. Bau mulut yang ga sedap tersebut tentu saja membuat diri sendiri maupun orang lain jadi ga nyaman pas lagi ngobrol.

Dikutip dari liputan6.com ada beberapa hal pemicu bau mulut pada saat puasa gaes, bisa dari pencernaan yang mengeluarkan gas lambung hingga tercipta aroma yang kurang sedap, permasalahan gigi dan mulut, atau masalah pada rongga hidung. Nah untuk mengurangi masalah bau yang ditimbulkan dari gigi dan mulut tersebut, ada beberapa tips nih yang bisa dilakukan setiap hari selama bulan puasa. Nah biar napas tetap wangi dan segar saat puasa, langsung deh kita simak tipsnya berikut ini.

shutterstock_106092377
alat-alat pembersih gigi via Shutterstock

1. Menyikat gigi yang benar

Abis sahur dan sebelum tidur pastikan bro n sest menyikat gigi dengan benar. Dari sisi depan, belakang hingga permukaan kunyah gigi belakang pada rahang atas dan bawah agar tak ada sisa makanan tertinggal di gigi.

2. Bersihkan sela gigi dengan benang gigi

Sisa-sisa makanan yang kecil bisa tertinggal di sela-sela gigi berpotensi menimbulkan bau. Untuk membersihkannnya gunakan benang gigi (dental floss) minimal sehari sekali.

3. Sikat bagian atas lidah

Lidah itu permukaannya kasar yang berupa tonjolan bernama papila yang memungkinkan sisa makanan menempel di atasnya. Untuk menyingkirkannya, sikat bagian atas lidah menggunakan sikat gigi atau alat khusus pembersih lidah.

4. Konsumsi makanan ‘sikat gigi alami’
Di bagian paling belakang lidah, papila makin besar dan berpotensi ada sisa makanan yang bisa menimbulkan bau mulut. Namun bagian ini tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi, Nah, buah-buahan yang keras bisa juga bertindak sebagai sikat gigi alami. Tekstur renyah dari apel, seledri, wortel dan lainnya dapat menghilangkan makanan yang terjebak di sela-sela gigi dan menggosok bakteri yang menempel.

5. Banyak minum air putih

Bau mulut makin tajam bila kondisi mulut kering. Oleh karena itu pastikan banyak mengonsumsi air putih pada saat sahur, berbuka, dan malam hari.

6. Menghindari makanan yang timbulkan bau

Saat bulan puasa hindari dulu deh makanan yang menyebabkan bau tajam setelah dimakan seperti petai, jengkol maupun bawang.

Itu tadi beberapa tips untuk agar mulut tetap wangi saat puasa. Selamat mencoba gaes, semoga puasanya lancar 😀

gambar bau mulut via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.