Di Tempat Ini Ada Jalan Khusus Buat Pengguna Smartphone

  • Share

NGONOO.com – Di era digital seperti saat ini membuat banyak orang yang kemudian jadi kecanduan dengan smartphone, apalagi dengan munculnya berbagai macam media sosial. Orang-orang pun sepertinya jadi susah untuk lepas dari smartphone. Dari mulai bangun tidur, di kamar mandi, makan, bahkan saat berjalan pun kepala selalu menunduk mengarah ke layar ponsel.

Karena kebiasaan tersebut ga jarang banyak orang yang mengalami kecelakaan di jalanan, baik terjatuh maupun tertabrak karena tidak sempat memperhatikan jalan sebab pandangan mata fokus ke ponsel.

Nah dalam usaha menempatkan para pecandu smartphone di jalur yang benar dan mengurangi stres para pejalan kaki lainnya yang harus menghindari mereka, sebuah kota di Belgia telah menciptakan beberapa ‘text walking lanes’ atau jalur untuk pengguna ponsel. Yaitu sebuah jalur khusus bagi para pejalan kaki yang berjalan sambil tetap sibuk menatap layar smartphone.

jalur buat handphone
text walking lane Belgia

Text walking lanes tersebut mengikuti jalur serupa yang telah dibuat di Washington DC dan di Chongqing China. Di Belgia sendiri jalur khusus tersebut di buat di kawasan belanja Antwerp’s.

Seorang juru bicara mengatakan kepada Mlab Yahoo News, ”Semua orang mengirim teks sambil berjalan. Anda mungkin berjalan melalui jalan-jalan sambil SMS atau mengirim WhatsApp ke teman Anda dan tidak benar-benar memperhatikan lingkungan Anda dan hanya fokus dengan apa yang terjadi di layar Anda.”

“Hal ini menyebabkan tabrakan dengan tiang atau pejalan kaki lainnya. Anda bisa tanpa sadar bahkan menjadi membahayakan hidup Anda sendiri saat memainkan ponsel sambil berjalan atau ketika Anda menyeberang jalan dengan hal tersebut.”

Ya walaupun dibikin jalur khusus, sebaiknya sih menghindari berjalan kaki maupun berkendara sambil menggunakan smartphone ya gaes. Biar tetap aman di jalan, pengguna jalan lain pun ga akan merasa keganggu 🙂

gambar jalan sambil liat ponsel via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.