Donald Duck Rayakan Ulang Tahun ke-81

  • Share

NGONOO.com – Sosok Donald Duck atau Donald Bebek pastinya sudah melekat di hati anak-anak penggemar kartun Walt Disney. Selain memiliki karakter yang khas dengan moncong dan kaki kuningnya, bebek bawel sekaligus temperamental ini merupakan salah satu tokoh kartun tertua yang dimiliki oleh Disney.

Dan tepat tanggal 9 Juni kemarin, Donald Bebek berulang tahun yang ke-81. Donald memulai debut awalnya lewat film kartun The Wise Little Hen yang ditayangkan pada 9 Juni 1934. Oleh karena itu tanggal 9 Juni dipilih sebagai hari kelahirannya. Di tahun yang sama Donald Bebek juga muncul di kartun ‘saudaranya’ Mickey Mouse yang berjudul The Orphan’s Benefit, pada 11 Agustus 1934.

Di awal kemunculannya itu, ia sudah bergaya dengan baju dan topi biru ala pelaut, tapi dasi kupunya masih hitam. Dengan seiring berjalannya waktu, dasi kupunya berubah merah menyala.

shutterstock_231436657Donald Duck via PAISAN HOMHUAN / Shutterstock.com

Pada episode Donald Gets Drafted pada tahun 1942, Donald mendapatkan nama panjangnya, yaitu Donald Fauntleroy Duck. Di tahun ia mendapatkan nama panjangnya memang eranya revolusi dan perang dunia, episode-episode filmnya kala itu pun dibuat bernuansa militer, seperti The Vanishing Private, Sky Trooper, Fall Out Fall In, The Old Army Game, dan Commando Duck. Dan pada tahun 1943, Donald Bebek pun berhasil meraih piala Oscar untuk aksinya di film bernuansa militer episode anti-Nazi berjudul Der Feuhrer’s Face.

Selain tingkahnya yang selalu gampang marah-marah ada lagi yang khas dari sosok bebek berbaju pelaut ini, yaitu suaranya yang cempreng. Yap suara cempreng tersebut tak lain tak bukan berasal dari suara dubber bernama Clarence “Ducky” Nash. Selama 50 tahun, Nash mengisi suara Donald di lebih dari 120 filmnya. Baru pada tahun 1985, giliran animator dan aktor suara Tony Anselmo yang menggantikan Nash untuk menghidupkan karakter Donald.

Setelah 81 tahun berlalu, sosok Donald Bebek masih tetap menjadi salah satu tokoh Disney yang menjadi idola. Sampai saat ini pun kita masih bisa menyaksikan aksinya di jaringan televisi kabel Disney.

Donal Duck via Victor Maschek / Shutterstock.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.