5 Menu Sahur yang Bikin Awet Kenyang

  • Share

NGONOO.com – Bulan Ramadhan telah tiba :D, bagi bro n sest umat Muslim pastinya bulan ini adalah bulan yang dinanti-nantikan kedatangannya. Karena di bulan ini seluruh amal ibadah dilipatgandakan pahalanya, pintu ampunan dibuka selebar-lebarnya, dan setan-setan pun dibelenggu.

Di bulan Ramadhan ini, umat Muslim pun menjalani kewajiban menjalankan ibadah puasa. Menahan lapar, haus, dan hawa nafsu dari mulai adzan subuh sampai adzan maghrib, atau kurang lebih dari 13 jam.

Karena hampir setengah hari menahan haus dan lapar, maka sahur adalah salah satu kegiatan penting untuk dilakukan selama Bulan Ramadhan. Dengan sahur kita jadi punya energi untuk tetap beraktivitas seharian walaupun tidak makan maupun minum.

Sebenarnya untuk mendapat energi yang cukup untuk seharian berpuasa, saat sahur ga perlu makan secara berlebihan. Secara teori gizi, menu makanan sahur yang diperlukan adalah yang pelan-pelan diolah tubuh atau slow released seperti diungkapkan Ketua PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Hardinsyah yang dilansir dari Liputan6.

shutterstock_114346762
makanan berserat via Shutterstock

 

Makanan yang slow released sendiri adalah makanan yang mengandung banyak serat. Dengan menu sahur makanan slow released maka rasa kenyang pun akan lebih tahan lama gaes.

Nah berikut ini adalah 5 menu sahur kaya serat yang bisa bikin kamu awet kenyang:

1. Jagung
Jagung sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur, karena seratnya tinggi yang membuat rasa kenyang lebih lama.

2. Susu Sereal
Susu sereal juga jadi salah satu sumber makanan yang berserat tinggi. Agar lebih maksimal, kalo sahur pake susu sereal bisa ditambahin buah-buahan tinggi serat juga.

3. Oatmeal
Satu porsi oatmeal mengandung 4 gram serat. Seperti susu sereal, makan oatmeal juga lebih bagus kalo ditambahin buah-buahan berserat.

4. Brokoli
Satu cup brokoli rebus mengandung 5.1 gram serat. Nah makanya sayur yang satu ini cocok banget dimasak untuk menu sahur bro n sest.

5. Buah tinggi serat
Pilih buah stroberi, blackberry, mangga, pir atau jeruk sebagai menu sahur karena buah-buahan tersebut tinggi serat.

Selain makan-makanan kaya serat tersebut untuk menu sahur, jangan lupa juga gaes untuk tetap menambahkan asupan protein dan minum air putih yang cukup. Agar badan tetap vit dalam menjalani puasa.

Selamat berpuasa 😀

gambar makanan enak via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.