4 Hal Sederhana Ini Bisa Merusak Persahabatan Yang Telah Lama Terjalin

NGONOO.com – Sahabat, sebuah kata sederhana yang tidak akan pernah bisa untuk dilupakan. Hampir setiap kamu dan kamu pasti memiliki yang namanya sahabat, sesosok dimana dia bisa menjadi tempat berbagi hal-hal yang sungkan untuk kita bagi kepada orang biasa. Banyak sesuatu yang terjadi dalam sebuah persahabatan, tidak terkecuali hal-hal buruk yang bisa merusak persahabatan itu sendiri, mungkin secara tidak sadar kita pernah melakukan sesuatu yang dirasa tidak pantas di mata sahabat, tapi biasanya seorang sahabat pasti akan memaafkan. Sayangnya, jika hal buruk itu dilakukan secara berualang-ulang, tanpa adanya suatu perbaikan, ini pun bisa menjadi sebuah ancaman retaknya hubungan persahabatan yang telah lama anda bangun. Berikut 4 Hal sederhana yang bisa merusak sebuah persahabatan :

1. Saling Menjatuhkan

Dengan adanya sifat saling menjatuhkan dalam sebuah hubungan persahabatan , maka sifat saling tolong menolong pun akan sirna. Hal tersebut terjadi karena sudah tidak adanya kekompakan antara sahabat dalam menjalin sebuah hubungan. Sehingga hal itu dapat memutuskan tali persahabatan yang sudah terjalin dan keakraban pun juga akan segara hilang. Oleh sebab itu, rasa saling menghargai dan menjaga nama baik sesama teman harus dilestarikan agar keakraban dalam bersahabat dapat terjaga dengan baik.

2. Mencampuri Urusan Pribadi

Ikut campur urusan pribadi teman… ? wah, itu tabu ! tetapi ikut campur dalam membantu sahabat atau teman yang lagi punya masalah atau musibah kenapa tidak..?, yang terpenting kita harus tahu tentang batasan-batasan menjadi seorang sabahat, agar tidak sampai mencampuri urusan pribadinya. Sehingga teman akan merasa nyaman ketika berinteraksi sosial untuk menjalin hubungan persahabatan yang baik.

3. Cari Muka Dengan Merendahkan Yang Lain

Ingat, setiap orang pasti tidak luput dari kekurangan dan kelemahan. Semisal ketika dalam sebuah pertemuan dengan beberapa teman atau sahabat, ada seseorang yang selalu mencari kesalahan teman untuk dijadikan bahan obrolan sehingga membuat teman tersebut merasa malu dan merasa dilecehkan. Oleh sebab itu pupuklah tali persahabatan dengan cara menjaga aib seorang teman.

4. Bersikap Tidak Santun

”Luka dapat disembuhkan, akan tetapi sakit hati yang mendalam akan terbawa sampai mati” demikian kata orang bijak. Untuk menjalin sebuah keakraban dalam bersahabat, maka hendaknya kita harus bersikap sopan dan punya aturan, baik dari segi prilaku maupun ucapan agar hubungan persahabatan terus berjalan dan dapat terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan hubungan persahabatan.

Sebagian dari tulisan ini saya kutip dari seorang sahabat, terimakasih sudah mampir, Semoga bermanfaat.

 

Featured image Friendship via Shutterstock

Onky

Onky

Total posts created: 1500

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *