10 Manfaat Puasa Bagi Umat Manusia

  • Share

NGONOO.com – Terik matahari yang menyengat di siang hari terkadang membuat puasa di bulan Ramadhan ini terasa lelah sekali, tapi apa boleh dikata kewajiban tetaplah kewajiban. Belajar untuk melakukanya dengan ikhlas dan percayalah semua pasti ada balasanya. Puasa dibulan Ramadhan banyak sekali manfaatnya, terkadang memang kita tidak sadar, makanya sekarang akan dibuat tulisan untuk menyadarkanmu dan menyadarkanku juga. Inilah 10 Manfaat Puasa bagi manusia :

1. Belajar Ikhlas

via ibnu-maya.blogspot.com
via ibnu-maya.blogspot.com

Puasa bisa membimbing kita agar bisa menjadi pribadi yang lebih ikhlas lagi. Mengerjakan sesuatu tanpa mengharap pamrih dari orang lain, berharapnya yakni hanya Kepada Allah Swt.

Keikhlasan di sini jelas akan semakin kuat terbentuk ketika kita menjalankan puasa disertai dengan niat yang benar karena semata-mata mengharap ridho Allah SWT. Dengan menahan diri lewat ibadah puasa, maka hati akan semakin lembut dan mudah menerima kebaikan, sehingga akan mendorong kita untuk menjadi insan yang mukhlasin (orang yang ikhlas).

2. Melatih Kesabaran

via rafiqjauhary.com
via rafiqjauhary.com

Puasa dapat membangun sifat dan karakter sabar pada pelakunya. Saat kita berpuasa, kita dilatih untuk menahan diri dari tidak mengkonsumsi apapun dari subuh sampai maghrib, lalu kita juga harus banyak menahan diri dari melakukan hal yang sia-sia atau mubah (hal-hal yang diperbolehkan) secara berlebihan,

kita akan berusaha mengisi waktu dengan ibadah-ibadah yang bisa mendekatkan diri kita kepada Allah. Dengan begitu maka secara perlahan sifat sabar akan mulai terbentuk dalam diri kita.

3. Menghindarkan Diri Dari Dosa

via drmuna.wordpress.com
via drmuna.wordpress.com

Puasa itu membangun, mendidik, dan membimbing anggota badan dari perbuatan dosa. Kita semua tahu bahwa syetan selalu mencari celah sekecil apapun untuk menggoda dan menghasut kita agar mengikutinya untuk melakukan apa yang dilarang dan dibenci oleh Allah SWT, syetan tak akan pernah menyerah sampai kita termakan hasutannya. syetan akan menciptakan dosa itu menjadi sesuatu yang indah, dan yang baik justru diciptakannya menjadi sebuah keburukan. Dari puasa, kita akan terdidik untuk selalu menghindarkan diri dari dosa dan maksiat sekecil apapun, agar Allah selalu ridho kepada kita.

4. Bersikap Santun

via babytofukaos.com
via babytofukaos.com

Saat puasa, menahan lapar dan haus, kita memang akan lebih mudah tersulut emosi, namun mengingat bahwa kita tak ingin lapar dan haus kita menjadi percuma jika Allah tak menerimanya, maka kita akan berusaha sabar dan menahan emosi dengan sikap santun, agar Allah ridho pada puasa kita.

5. Menumbuhkan Sifat Kasih Sayang

via dogimauw.blogspot.com
via dogimauw.blogspot.com

Biasanya Saat sedang puasa kita akan menjadi orang yang lebih dermawan, karena kita yang menahan lapar dan haus dari subuh sampai maghrib ini ikut merasakan bagaimana rasanya orang-orang yang tak punya tersebut terpaksa tidak makan karena tak memiliki uang untuk membeli makanan.

6. Merasa Lebih Dekat Kepada Allah

via akhwatindonesia.com
via akhwatindonesia.com

Puasa tentunya akan membuat kita menjadi lebih dekat kepada Allah SWT. Kita akan lebih banyak menjalankan ibadah dan amalan-amalan kebaikan daripada maksiat dan dosa atau hal-hal yang tak bermanfaat lainnya saat kita sedang berpuasa. Selain menjadikan hati tentram, kita juga akan merasakan bahwa Allah selalu berada dekat dengan kita.

7. Senang Ketika Berbuka

via iberita.com
via iberita.com

Perasaan senang luar biasa ketika berbuka jarang sekali kita rasakan saat hari-hari biasa tanpa puasa. Puasa mengajarkan kita banyak hal, seperti menyukai kebaikan dan selalu senang dalam melakukan apapun yang dapat memberi manfaat kepada orang lain.

8. Bisa Disiplin Waktu

via anwarmusyaddat.blogspot.com
via anwarmusyaddat.blogspot.com

Puasa mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang lebih menghargai dan disiplin pada waktu. Dengan bangun di waktu sahur dan segera membatalkannya pada saat adzan maghrib berkumandang.

9. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

via sandurezu.wordpress.com
via sandurezu.wordpress.com

Puasa itu sesungguhnya baik untuk kesehatan kita. Kita tentu sudah sering mendengar tentang hasil penelitian dari beberapa ilmuwan tentang efek positif dari berpuasa. Yang perlu diketahui adalah organ pencernaan yang digunakan secara terus menerus ternyata tidak baik untuk kesehatan kita, sehingga ada kalanya kita perlu mengistirahatkannya sejenak agar bisa bekerja lebih baik lagi.

10. Menumbuhkan Rasa Syukur

via jateng.dompetdhuafa.org
via jateng.dompetdhuafa.org

Bersyukur adalah hal sepele yang tidak bisa disepelekan, Puasa membuat kita menjadi lebih bersyukur kepada Allah atas apa yang telah kita dapatkan, terbukti dengan ketika tiba saat menjelang adzan maghrib, semua berbondong-bondong bergembira ria menyambut buka puasa. Rasa Syukur yang selalu kita ucapkan ketika hendak menyantap hidangan berbuka membuat kita akan menjadi umat yang selalu ditambah nikmatnya oleh Allah Swt.

Yuh, semangat, bentar lagi bedug maghrib 😀 😀

 

Image: Manfaat Puasa via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.