7 Trik Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

  • Share

NGONOO.com – Di bulan puasa seperti ini selain merupakan momen yang tepat untuk beribadah dan mendekatkan diri dengan Allah SWT, bisa jadi momen yang tepat juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena saat berpuasa, perut dan organ tubuh lainnya seperti ginjal dan hati mendapatkan waktu istirahat. Dengan beristirahat, organ-organ tersebut mendetoksifikasi dan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Selain manfaat bagi kesehatan seperti di atas, ada pula manfaat lain dari puasa yang sering kita dengar gaes, yaitu untuk menurunkan berat badan. Tapi pada kenyataannya, pas puasa seringkali berat badan justru malah naik. Nah lhoo, kok bisa ya?

shutterstock_289522745Makanan enak-enak via Shutterstock

Ya bisa aja gaes, hal tersebut dikarenakan kita sering makan berlebihan dan tidak terkontrol saat waktu berbuka puasa. Padahal, kalo kita bisa mengatur makan dengan tepat saat beribadah puasa, kita bisa menurunkan berat badan dengan cara yang sehat lho.

Nah biar ga malah nambah berat badan saat puasa, langsung deh yuk simak tips dan triknya berikut ini. Selamat mencoba 🙂

1. Jangan konsumsi gula berlebihan saat berbuka

Ketika buka puasa, makanan yang paling banyak disukai adalah makanan yang manis. Tapi sadarilah gaes, konsumsi makanan manis akan membuat bro n sest justru ingin makan lebih banyak. Ujung-ujungnya, jumlah kalori dan makanan yang masuk ke dalam mulut jadi lebih banyak. Jadi sebaiknya ganti keinginan bro n sest untuk menyantap makanan manis ini dengan buah, kurma, cokelat hitam dan lainnya.

2. Konsumsi serat yang cukup

Saat puasa konsumsilah oat, roti gandum, buah dan sayuran yang banyak mengandung serat. Makanan ini cocok disantap saat sahur dan berbuka. Kandungan seratnya yang tinggi akan membuat kita akan merasa kenyang lebih lama dan ga makan berlebihan. Serat di dalamnya juga sangat baik untuk jantung dan saluran pencernaan.

3. Hindari makanan berminyak

Di bulan puasa seperti ini gorengan adalah camilan yang mendadak banyak dicari orang. Cita rasanya yang gurih dan renyah dianggap menjadi pemuas rasa lapar banyak orang. Tapi inget gaes, kamu harus bisa mengontrol diri kamu dari godaan gorengan yang hangat dan renyag. Karena mengkonsumsi makanan berminyak akan membuat kolesterol naik.

4. Jangan langsung makan makanan berat saat berbuka 

Saat berbuka puasa, hindari makan semua makanan sekaligus. Konsumsilah kurma, dan buah-buahan terlebih dulu kemudian dua gelas air putih. Kemudian biarkan otak mengirim sinyal kenyang ke tubuh. Kalo masih lapar, beberapa jam kemudian, baru deh makan makanan berat.

5. Makanlah lebih banyak saat sahur dibanding saat buka

Ada baiknya untuk makan lebih banyak saat sahur dibanding buka. Sekalipun pas sahur pastinya agak ga nafsu makan. Ini akan mencegah gula darah dalam tubuh melonjak tinggi dan menumpuk lemak saat berbuka puasa.

6. Minum banyak air

Selama bulan puasa, air putih akan membantu menghilangkan berbagai racun dalam tubuh. Dengan konsumsi air putih akan lebih efektif untuk menghilangkan racun. Minum setidaknya 6-8 gelas air saat sahur, buka dan malam hari.

7. Olahraga

Berolahraga saat puasa memang tantangan yang berat ya gaes. Tapi bukan berarti pas puasa terus ga bisa olahraga lho ya. Untuk menyiasatinya, bro n sest bisa melakukan olahraga yang lebih ringan setelah sahur atau menjelang berbuka puasa.

gambar menurunkan berat badan via Shutterstock

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.