FBI Grebek Rumah Diduga Hacker yang Curi Foto Syur Artis dari 572 Akun iCloud

NGONOO.com – Baru-baru ini Biro Investigasi Federal atau FBI (Federal Bureau of Investigation) telah menggerebek sebuah rumah mewah dan menyita beberapa komputer, ponsel dan penyimpanan drive milik seorang pria sehubungan dengan dugaan sebagai dalang peretasan akun iCloud dan penyebar ratusan foto syur milik sejumlah selebriti kenamaan Hollywood.

Pihak FBI telah merilis pernyataan resmi yang menyatakan bahwa dari sebuah rumah yang digerebek  tersebut, mereka berhasil melacak dan menemukan jejak alamat IP dan rekaman ponsel dari dua komputer yang digunakan untuk meretas akun-akun iCloud milik para seleb. Rumah itu sendiri telah dikonfirmasi merupakan milik seseorang bernama Emilio Herrera.

shutterstock_175540514iCloud via Gil C / Shutterstock.com

FBI telah mengumumkan bahwa ada sekitar total 1.987 password iCloud milik selebriti yang dikuasai hacker. Dan alamat IP yang mengacu kepada Herrera tersebut telah digunakan untuk mengakses 572 akun iCloud diantaranya. Alamat IP itu juga diduga telah menyebarkan foto-foto syur nama-nama seleb populer seperti Jennifer Lawrence, Rihanna, Kim Kardashian, Olivia Wilde, Anna Kendrick, hingga Selena Gomez. 

Walaupun alamat IP mengarah kepada Herrra, tak membuat FBI langsung menetapkan Herrera sebagai tersangka. Karena, hacker memang kerap menggunakan alamat IP palsu, alias menggunakan alamat IP milik orang lain saat menjalankan aksinya. Yang artinya, Emilio belum tentu hacker yang menjadi dalang skandal peretasan Apple iCloud.

“IP bisa dipalsukan dengan berbagai macam cara. Data internet dapat digunakan melalui komputer pihak ketiga tanpa sepengetahuan pemiliknya,” ujar perwakilan FBI dalam keterangan resminya.

gambar FBI via Gil C / Shutterstock.com

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.