5 Benda Tak Terduga yang Bisa Bikin Jerawatan

  • Share

NGONOO.com – Jerawat adalah masalah pada wajah yang bisa dibilang cukup mengganggu ya gaes, apalagi buat kaum hawa. Jerawat muncul dikit aja udah bisa bikin panik bahkan bisa mengurangi rasa percaya diri.

Ada banyak faktor yang dapat memicu tumbuhnya jerawat, diantaranya produk kecantikan, makanan, hormon, bahkan stres. Eits, tapi ga cuma hal-hal itu aja yang bisa memicu munculnya jerawat lho gaes. Benda-benda tak terduga yang setiap hari kita gunakan ternyata juga bisa menyebabkan si jerawat muncul. Mau tau apa aja benda-bendanya? Langsung deh cekidot!

shutterstock_111387137
cuci muka via Shutterstock

1. Pasta Gigi

Bro n sest kalo menggosok gigi biasanya sebelum atau sesudah cuci muka? Mungkin selama ini kita ga begitu memperhatikan mana yang baiknya dilakukan lebih dulu ya gaes. Tapi kita seharusnya menggosok gigi sebelum mencuci muka, karena apa? Karena bahan kandungan pasta gigi bukan hanya dapat membuat wajah Anda iritasi, kering, atau terbakar, tapi bakteri dari mulut Anda yang keluar bersama dengan pasta gigi di sekitar mulut Anda, juga berpengaruh pada kesehatan kulit, menyebabkan tumbuh jerawat di sekitar mulut. Jadi, ada baiknya setelah menggosok gigi, langsung cuci muka.

2. Produk Perawatan Rambut

Bahan kandungan yang menghasilkan busa pada sampo dapat membentuk lapisan pada kulit, yang sangat mungkin menjadi tempat perkembangbiakan bakteri. Sedangkan kandungan minyak pada kondisioner dapat menyumbat pori-pori kulit. Jadi cucilah wajah setelah keramas gaes. Biar bahan kandungan pada sampodan kondisioner tidak ‘tertinggal’ di wajah dan memicu munculnya jerawat.

3. Sarung Bantal

Minyak alami yang dihasilkan kulit pada malam hari dapat menempel pada sarung bantal, sama halnya dengan rambut kotor. Mencuci wajah pada malam hari dapat mengurangi minyak berlebih, sekaligus membersihkan segala kotoran yang menempel pada wajah. Dan pastinya jangan lupa mengganti sarung bantal satu minggu sekali biar sarung bantal tetap bersih.

4. Perangkat Elektronik dan Kacamata

Ponsel, kacamata, dan headphone diselubungi kotoran, minyak, keringat, dan bakteri dari wajah, rambut dan tangan. Jadi sangat penting menjaga kebersihan barang-barang tersebut gaes. Biar ketika digunakan, tidak menyebabkan wajah jadi jerawatan.

5. Handuk Wajah

Handuk untuk badan dan handuk untuk wajah memang ada baiknya dibedakan ya gaes. Nah kalo udah dibedakan, jangan lupa untuk sering mengganti atau mencuci handuk wajah. Ya pastinya biar tetap bersih dan ga bikin jerawatan.

gambar mbak-mbak jerawatan via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.