Mahasiswa Universitas Brawijaya Ciptakan Bolpoin Anti Stres

  • Share

NGONOO.com – Bro n sest pasti sudah familiar dan akrab banget dengan alat tulis yang namanya bolpoin dong ya. Dari jaman SD sampai kuliah bahkan juga kerja, bolpoin selalu hadir di kehidupan sehari-hari kita.

Nah kalo bolpoin yang digunakan untuk menulis itu sih udah biasa ya gaes. Tapi lima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, Malang, ini telah membuat bolpoin unik yang fungsinya ga cuma sekedar buat nulis aja tapi juga sebagai penghilang stes. Ha kok bisa?

bolpoin buasBolpoin BUAS

Bisa dong, karena eh karena bolpoin tersebut ternyata bisa mengeluarkan aroma terapi antistres. Bolpoin yang diberi nama BUAS, kependekan dari Bolpoin Unik Anti Stress ini menawarkan aroma peppermint dan menthol.

Para mahasiswa pencetus BUAS yang terdiri dari, Dodik bersama Dirayati Hanifa, Alifa Rahma Safitri, Pinta Rahma, dan Riki Dakusta merasa tertantang untuk menemukan solusi bagi orang-orang yang berpotensi mengalami stres dalam aktivitas mereka sebagai pelajar dan pekerja kantoran, yang akrab dengan bolpoin. Bahkan, menurut Dodik, ada bolpoin yang tintanya berdampak buruh terhadap pemakainya karena senyawa yang terkandung di dalamnya.

Bolpoin BUAS dengan aroma peppermint memiliki kandungan senyawa 1,8 sineol yang mempengaruhi sistem syaraf. Senyawa itu memberikan efek relaksasi. Sedangkan aroma menthol berfungsi mengurangi ngantuk, meningkatkan pasokan oksigen ke darah, mencegah mual, dan merelaksasi otot.

Bentuk BUAS didesain unik dan menarik lho gaes, yaitu dengan desain hewan langka, seperti burung cucak ijo, tapir, komodo, dan badak bercula satu. Dodik mengatakan seluruh bahan baku pembuatan bolpoin itu berasal dari dalam negeri. Tapi bolpoin ini memiliki daya saing dalam kompetisi global. Menurut dia, bolpoin ini cukup diminati pasar. “Dalam satu bulan pertama pemasaran terjual 75 bolpoin. Dipasarkan di Malang, Kediri, Bandung, dan Tangerang,” ujarnya.

Nah kalo bro n sest tertarik, bolpoin tersebut telah dijual di toko hasil kerajinan dan secara online. Bolpoin BUAS ini dijual dengan harga Rp 25 ribu. Isi ulang aroma terapi untuk bolpoin itu pun tersedia. Pemesanan bisa dilakukan melalui Twitter @bolpoinbuas, Facebook Bolpoin Buas, dan Instagram @bolpoinbuas.

Stress via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.