7 Hal Yang Harus Anda Ketahui Seputar Uban

  • Share

NGONOO.com – Uban atau rambut putih, adalah fenomena perubahan warna rambut yang terjadi kepada manusia. Semakin bertambah usia (tua) maka uban juga akan semakin tampak banyak. Sekarang ini uban tidak hanya menjangkiti orang tua saja, melainkan anak muda juga banyak yang sudah beruban, hal ini disebabkan oleh banyak hal, beberapa diantaranya adalah stres yang berkepanjangan dan kurangnya vitamin B12. Kebanyakan orang takut saat rambut mereka berubah putih. Sayangnya, rambut beruban adalah fakta kehidupan yang harus kita hadapi. Namun, ada beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui sebelum mendapati uban di kepala Anda.

via Shutterstock
via Shutterstock

Berikut adalah 7 Hal Yang Harus Anda Ketahui Seputar Uban :

1. Rambut Memiliki Warna Awal Abu-abu

Rambut tumbuh di folikel, yaitu struktur seperti bola di kulit kepala yang pernah Anda lihat jutaan kali di iklan sampo. Awalnya rambut berwarna putih dan kemudian pigmen melanin memberi warna selama rambut tumbuh. Seiring penuaan, sel penghasil pigmen mulai mati sehingga rambut Anda keluar dalam bentuk tanpa pigmen yang terlihat seperti putih, perak, atau putih.

2. Penyebab Utama Timbulnya Uban adalah Penuaan

Ada fakta unit tentang hal ini yang mungkin tidak Anda ketahui. Menurut dermatologis, setiap 50 persen populasi memiliki 50 persen uban pada usia 50 tahun. Namun gen juga memainkan peran penting, jika rambut Anda berubah putih sebelum umur 30 tahun, mungkin ini juga dialami anggota keluarga Anda yang lain.

3. Etnis Mempengaruhi Siapa yang Lebih Dulu Beruban

Secara umum, orang Kaukasian atau bule lebih cepat mendapati uban daripada orang etnis Asia, dan kemudian disusul orang keturunan Afrika.

4. Gaya Hidup Sehat

Jalanilah gaya hidup sehat jika ingin menjaga penampilan Anda. Salah satu penyebab utama beruban dini adalah kekurangan vitamin B12 yang banyak terdapat dalam produk susu, daging merah, telur, dan kacang-kacangan. Jadi, selalu pastikan untuk menyertakan nutrisi tersebut dalam diet Anda.

5. Mencabuti Uban Tidak Membuat Uban Bertambah Banyak

Kepercayaan ini hanyalah mitos, uban terlihat sedikit hanya bersifat sementara. Setiap folikel hanya bisa menghasilkan satu rambut dan mencabut beberapa rambut tidak menciptakan lebih banyak folikel atau bisa menyebabkan folikel sekitarnya untuk menghasilkan rambut putih.

6. Stres Merupakan Awal Dari Penampakan Uban

Stres bisa menyebabkan macetnya produksi pigmen pewarna rambut yang disebut melanin. Pigmen ini dihasilkan oleh sel tubuh yang dikenal sebagai melanosit. Rambut menjadi putih karena melanosit tidak lagi memproduksi melanin.

7. Penggunaan Minyak dan Cat Rambut yang Terlalu Banyak dan Sering

Selain gaya hidup, Penggunaan Minyak dan Cat Rambut yang Terlalu Banyak dan Sering itu tidak baik. Karena Minyak tidak hanya mengenai rambut, tetapi meresap ke dalam pori-pori kulit kepala. Zat-zat kimia yang terkandung dalam minyak dan cat rambut memengaruhi kesehatan rambut sehingga mempercepat tumbuhnya uban.

 

Featured image via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.