10 Pertanyaan Yang Harus Anda Siapkan Jawabanya Ketika Wawancara Kerja

NGONOO.com – Bagi kamu yang sudah backpakeran mencari pekerjaan pasti sudah tidak asing lagi dengan pertanyaan-pertanyaan yang semuanya hampir sama ditanyakan ketika wawancara kerja. Meskipun tempat dan job desknya berbeda-beda, pasti pertanyaan yang akan ditanyakan kemungkinan akan sama. Untuk HRD Cobalah mengganti pertanyaan yang santai tetapi tetap menjurus dengan informasi yang dibutuhkan. Kalau pertanyaanya selalu itu dan itu saja, kan kasihan kalian para HRD menyeleksi orang dengan pertanyaan sama dan jawaban sama dari gugel, orang yang mencari pekerjaan biasanya browsing dulu untuk melakukan persiapan, termasuk persiapan saat interview.

Berikut 10 pertanyaan yang biasanya tidak ketinggalan dalam sesi wawancara :


1. Ceritakan Tentang Dirimu

via theemployable.com
via theemployable.com

Mulailah dengan mengenalkan dirimu, sejarah pendidikanmu, aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari, hobi dan prestasi yang telah kamu raih. Tidak perlu membicarakan hal-hal yang kurang penting karena inilah kesempatanmu untuk menunjukan kemampuan yang kamu miliki.

2. Apa Saja Pengalaman Kerja Yang Sudah Kamu Dapatkan?

via theartofcharm.com
via theartofcharm.com

Ceritakanlah hal-hal membanggakan dalam dirimu yang berkaitan dengan pekerjaan. Jelaskan juga apa-apa saja yang kamu kerjakan di perusahaan sebelumnya secara detail, juga prestasi apa yang telah kamu raih selama bekerja.

3. Apa Alasan Keluar Dari Pekerjaan Sebelumnya?

via chooseust.org
via chooseust.org

Tidak Perlu menjelaskan kalau kamu keluar dari perusahaan sebelumnya karena bos yang galak, pekerjaan yang terlalu banyak, terlalu sering lembur, atau masalah-masalah dengan rekan kerja karena itu bisa saja mengurangi penilaianmu. Jujur saja dengan apa yang terjadi tanpa perlu detail. Biasanya pewawancara akan mengorek informasi cukup dalam di pertanyaan ini, jangan sampai kamu terpancing untuk memberitahukan hal-hal yang bersifat pribadi.

4. Apa yang Membuat Kamu Tertarik Melamar di Perusahaan Ini?

via theworldofwork.co.za
via theworldofwork.co.za

Pastikan kamu sudah mencari tahu tentang informasi dari perusahaan yang kamu lamar, bukan hanya alamat dan nama perusahaannya saja ya! Kamu juga harus tahu dengan pasti perusahaan di bidang apa, mengerjakan apa saja, dan segala hal umum yang akan jadi jawabanmu saat mendapat pertanyaan ini. Jangan sampai kamu bengong dan nggak tahu harus menjawab apa ya.

5. Sebutkan Kekurangan dan Kelebihan Pada Dirimu?

via huffingtonpost.com
via huffingtonpost.com

Saat menyebutkan kekuranganmu, tidak perlu menjelaskan kalau kamu nggak bisa bangun pagi dan lelet dalam bekerja. Katakan saja satu atau dua kelemahanmu dengan tambahan kamu sedang memperbaiki diri untuk menghilangkan kelemahanmu itu. Saat menyebutkan kelebihanmu, ceritakan saja hal-hal yang positif dari dirimu, misalnya kamu disiplin, total dalam bekerja, mudah bersosialisasi dengan rekan kerja, detail oriented, tegas, dan lain-lain.

6. Apakah yang Kamu Tahu Mengenai Posisi yang Kamu Lamar?

via endevorscientific.com
via endevorscientific.com

Selain informasi mengenai perusahaan, Kamu harus tahu apa saja yang akan kamu kerjakan nantinya beserta dengan hal-hal kecil lainnya, ini bisa menambah poin plus karena setidaknya kamu sudah paham mengenai apa saja tugasmu jika diterima nanti.

7. Apakah Kamu Bersedia Lembur?

via linkedin.com
via linkedin.com

Jawab saja dengan jujur kalau kamu tidak bisa lembur disertai dengan alasan yang masuk akal. Tapi jika kamu ragu, jawab saja bersedia, tapi kamu juga boleh menjelaskan pada pewawancara kalau kamu memiliki manajemen waktu yang baik sehingga pada pekerjaan sebelumnya kamu jarang lembur.

8. Apakah Kamu Bisa Bekerja Dalam Tim?

via blogcdn.com
via blogcdn.com

Untuk yang satu ini, jawab saja bisa. Ceritakan pengalamanmu bekerja dengan banyak orang dan itu sama sekali tidak menimbulkan masalah.

9. Berapa Gaji yang Kamu Inginkan?

via bizzmarkblog.com
via bizzmarkblog.com

Sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu mengenai kisaran gaji yang pas untuk poisisi yang kamu lamar dan juga perusahannya. Jika kamu bingung, kamu boleh saja bilang kalau kamu bersedia mendapatkan gaji sesuai standar perusahaan. Tapi untuk kamu yang sudah berpengalaman, nggak ada salahnya untuk memberikan angka yang kamu inginkan dan sekiranya cukup pantas.

10. Apakah Ada Pertanyaan?

via conservation-careers.com
via conservation-careers.com

Selalu siapkan pertanyaan sebelum wawancara atau pikirkan sesuatu saat wawancara untuk membuat kesan kalau kamu antusias. Kamu boleh menanyakan lebih lanjut tentang proyek-proyek apa saja yang sedang dikerjakan, atau program-program menarik apa saja yang bisa kamu terima jika diterima di perusahaan, misalnya kemungkinan promosi jabatan, juga fasilitas apa saja yang akan kamu terima.

 

Image: Work Interview via Shutterstock

Onky

Onky

Total posts created: 1500

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *