7 Tips Senang dan Aman Mudik Lebaran Dengan Mobil Pribadi

  • Share

NGONOO.com РMudik dengan kendaraan pribadi (milik sendiri) memanglah sangat asyik, apalagi jika sudah sampai di kampung halaman, anda dan keluarga bisa jalan-jalan setelahnya tanpa harus mengeluarkan dana untuk menyewa mobil. Bagi Anda pemudik yang menggunakan mobil pribadi kini sudah bisa mulai lega, karena tidak perlu membuat note untuk menyiapkan apa-apa saja yang harus dilakukan jika mudik menggunakan mobil pribadi. Berikut telah kami sediakan 7 Tips mudik senang dan aman dengan menggunakan mobil pribadi.

1. Periksa dengan Seksama Kendaraan yang Akan Digunakan

via otomotif.liputan6.com
via otomotif.liputan6.com

Hal pertama yang perlu dipersiapkan yaitu cek kondisi tekanan angin ban, kemudian air radiator, wiper, dan air aki. Setelah itu, periksa juga sistem kelistrikan pastikan dalam kondisi baik. Jangan lupa periksa juga oli mesin, power steering, dan minyak rem, serta karet-karet mobil hingga fan belt.

2. Siapkan Ban Serep dan Berbagai Tools Penting

via autobild.co.id
via autobild.co.id

Untuk selalu waspada persiapkan juga ban serep, dongkrak beserta pemutarnya, berbagai kunci, obeng (plus dan minus), kunci busi, kunci inggris, segitiga pengaman dan Senter

3. Lengkapi Surat-surat Kendaraan

Surat Kendaraan

Seperti yang sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya, Anda juga jangan melupakan surat kelengkapan seperti SIM dan STNK ketika akan melakukan perjalanan jauh/mudik lebaran.

4. Siapkan Peta Perjalanan

via kelana97.wordpress.com
via kelana97.wordpress.com

Petunjuk arah seperti peta sangatlah penting dibawa ketika anda masih belum begitu hafal jalan mana yang harus dilewati.

5. Pastikan Kondisi Anda ketika Mengemudi Sehat dan Prima

via otoroem.blogspot.com
via otoroem.blogspot.com

Jika mengantuk, jangan sekali-kali mencoba mengemudi, dan sebaliknya saat mengemudi jangan terlalu lama, karena jika terlalu lama maka anda akan lelah dan mengantuk.

6. Gunakan Sabuk Pengaman

via mobiloka.com
via mobiloka.com

Jangan lupa untuk menggunakan sabuk pengaman ketika mengendarai mobil pribadi, salah-salah jika anda lupa itu bisa membahayakan diri anda sendiri. Peringatan keras, wanita dilarang mengemudi, biarkan kami para lelaki yang melayani kalian dengan istimewa dan selamat sampai tujuan.

7. Jangan Kagetan dan Gugup ketika Mengendarai Mobil

via saridewinurmala.blogspot.com
via saridewinurmala.blogspot.com

Mendengar suara klakson dari belakang kaget, disalip motor atau mobil kaget. Jangan sampai kebiasaan kaget itu mebuat anda mengerem mendadak sehingga membahayakan mobil lain dibelakang anda yang sedang melaju.

 

Image : Cowok dan Cewek naik mobil via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.