ASUS Zenfone Max Pro M2

10 Persiapkan Yang Perlu Dilakukan Sebelum Mudik Lebaran

Onky | Tip & Trik | 08 Jul, 2015

NGONOO.com – Hmm.. nggak kerasa kurang lebih satu minggu lagi puasa sudah mau selesai. Musimpun akan berganti menjadi musim mudik rame-rame, jadi rindu keluarga. Kalian yang sekarang sedang merantau di negeri orang pastilah merasakan hal yang sama, kangen bisa kumpul bersama dengan sanak family. Hal yang selalu ngangenin itu ya ini, Bersenang-senang disaat lebaran.

Nah, pada kesempatan yang enak ini kita akan membahas mengenai apa saja yang perlu di persiapkan sebelum mudik lebaran, mungkin 10 tips ini bisa membantumu dan mengingatkanmu bagaimana supaya mudik terasa lebih enak dan nyaman. Sehingga hal-hal yang tidak di inginkan bisa di hindari.

1. Pastikan Ada Kendaraan Yang Akan Digunakan Saat Mudik

via mobilpribadi.wordpress.com

via mobilpribadi.wordpress.com

Pertama, pastikan anda telah menentukan kendaraan apa yang akan anda gunakan ketika mudik, ketika anda menggunakan bus, kereta atau pesawat, alangkah baiknya anda memesan tiket jauh-jauh hari, agar anda tidak kehabisan tiket.

2. Pastikan Dengan Siapa Anda Akan Mudik

via mobil123.com

via mobil123.com

Ketika anda telah menentukan kendaraan yang akan digunakan saat mudik, maka tanyalah kepada keluarga anda dirumah, siapa saja yang akan ikut mudik ke kampung halaman, setelah mendapat kepastian dengan siapa saja kamu berangkat, maka tiket sudah mulai bisa dipesan. Alangkah baiknya jika kamu mudik dengan keluargamu dan anak-anakmu. Supaya dikampung bisa terasa lebih ramai.

3. Lihat Berapa Tabungan Yang Anda Miliki

via gayahidupku.com

via gayahidupku.com

Lihatlah tabungan yang anda miliki, jika sekiranya cukup berarti anda telah siap untuk melakukan mudik. Jangan sampai hal yang satu ini kelewatan, sehingga anda bingung ketika bisa mudik tetapi nggak bisa balik, karena budget yang minim.

4. Tentukan Berapa Hari Anda Akan Mudik

via youtube.com

via youtube.com

Waktu yang dibutuhkan juga menjadi bahan pertimbangan, apalagi buat kamu yang kerja di PeTe (PT), biasanya lamanya mudik berbanding lurus dengan libur yang diperoleh, Kecuali kamu memiliki tambahan cuti.

5. Potong Rambut Biar Ganteng

via hji.co.uk

via hji.co.uk

Ketika kamu sudah lama tidak mudik, orang-orang di kampungmu pasti akan pangling denganmu atau mereka tidak akan mengenali dirimu, karena kamu waktu di kampung masih lusuh dan ketika merantau sudah ganteng alias bagus. Biar itu semua berjalan sesuai rencan, maka potonglah rambutmu dengan rapi.

6. Jangan Lupa Membawa Bekal Makanan Yang Dibutuhkan

via semberani.com

via semberani.com

Bawalah bekal makanan secukupnya, jangan membawa bekal secara berlebihan, karena bisa merepotkanmu ketika di jalan. Bawa secukupnya saja, jika bekal yang dibawa habis, anda bisa membelinya di warteg atau warung makan lain yang ada diantara rumahmu dan kampungmu.

7. Tidurlah Yang Cukup 

via sprayablesleep.com

via sprayablesleep.com

Usahakan tidur nyenyak minimal 6 jam sebelum berangkat mudik. Hal ini sangat berguna untuk menghindari ngantuk ketika dalam perjalanan.

8. Makan Dulu, Jangan Terburu-buru

via tooshcoosh.com.au

via tooshcoosh.com.au

Jangan melakukan perjalanan dalam keadaan lapar, sebisa mungkin makan dulu sebelum berangkat. Karena Jarak yang ditempuh ketika mudik biasanya tidak dekat alias jauh.

9. Bawa Pakaian Ganti

via carryology.com

via carryology.com

Bawalah pakaian seperlunya saja, jangan berlebihan apalagi sampai kurang. Karena jika berlebihan maka akan merepotkanmu ketika diperjalanan.

 

10. Baca Do’a Sebelum Berangkat Mudik

via carryology.com

via carryology.com

Nah, ini adalah tips yang paling ampuh yang harus anda persiapkan. Sebelum anda pergi, alangkah baiknya jika anda berdoa terlebih dahulu, hal ini berguna agar Allah selalu melindungimu diperjalanan hingga tiba sampai tujuan.

 

Image: Women and Man Packing via Shutterstock