Stephen Hawking akan Biayai Proyek Perburuan Alien

  • Share

NGONOO.com – Selama ini keberadaan alien di luar angkasa sana masih saja menjadi misteri yang terus diperdebatkan. Banyak yang percaya bahkan mengaku melihat dan bertemu dengan sosok alien, namun tak sedikit pula yang tidak percaya akan keberadaan makhluk extraterrestrial tersebut.

Dan seperti ingin membuktikan perdebatan tentang alien selama ini, pakar kosmologi asal Inggris, Stephen Hawking, menghadirkan sebuah proyek perburuan alien terbarunya, yang diberi nama ‘Breakthrough Initiatives.’

proyek pemburuan alien stephen hawking
Yuri Milner dan Stephen Hawking saat jumpa pers proyek Breakthrough Initiatives di Royal Society Science Academy, London

Tak sendirian, dalam proyek ini, Hawking menggandeng Yuri Milner, seorang pengusaha asal Rusia yang juga menjadi salah seorang miliarder di Silicon Valley, Amerika Serikat, untuk menjadi penyandang dana.

Kabarnya, proyek perburuan alien yang memanfaatkan dua teleskop terbesar di dunia itu akan menelan dana hingga USD100 juta (setara dengan Rp1,3 triliun).

Saat meluncurkan proyek supermahal tersebut di Royal Society Science Academy, London, Senin waktu setempat (20/7), Hawking mengatakan, “Di alam semesta yang tak terbatas ini pasti ada kehidupan lain.” Ia optimis proyek berburu alien kali ini akan menuai sukses. Ilmuwan berusia 73 tahun itu yakin bahwa ada kehidupan di luar bumi dan makhluk hidup selain manusia yang menghuni jagat ini.

Kalaupun prediksinya salah, Hawking tidak akan merasa rugi, karena ia telah berusaha mencari jawaban dari pertanyaan yang selama ini selalu muncul dalam benaknya,
‘Adakah kehidupan lain di luar sana?’.

Dan dalam proyek ini nantinya, Galaksi Bima Sakti dan sedikitnya 100 galaksi lain di sekitarnya akan menjadi fokus perburuan Hawking bersama timnya. Selain Milner, Breakthrough
Initiatives juga melibatkan Martin Rees dan beberapa ilmuwan lain. Menurut Milner, para ilmuwan ini tidak terlalu berharap akan menemukan alien yang jauh lebih pintar dan beradab ketimbang manusia.

“Ini adalah pertaruhan yang sungguh sangat besar, tetapi imbalannya pun akan sebanding. Bahkan, bila kemungkinan suksesnya proyek ini minimal sekalipun, kami akan memperoleh ilmu yang sangat banyak,” ungkap Rees.

Namun, dengan ditemukannya banyak planet yang mirip bumi, astronom itu yakin akan menemukan alien atau setidaknya “sesuatu” di luar tata surya nanti. Para pakar yang terlibat dalam proyek perburuan alien ini berjanji akan memublikasikan setiap detail yang mereka temukan. Dengan demikian, publik bisa langsung menindaklanjuti temuan tersebut secara pribadi.

Semoga aja proyek besar ini membuahkan hasil seperti yang diharapkan ya gaes. Siapa tau nantinya proyek Breakthrough
Initiatives benar-benar bisa menemukan tanda-tanda kehidupan lain di luar angkasa sana 🙂

gambar alien via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.